Terkesan Aneh, Ternyata Ini Manfaat Kopi Ditambah Garam Bagi Tubuh

Ilustrasi Kopi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar –Sempat viral video TikTok yang menunjukkan saat sejumlah orang yang menambahkan garam ke kopi untuk diseduh. Meski terkesan aneh dan kurang masuk akal, tapi rupanya mengganti gula atau topping lain dengan garam adalah ide yang bagus. Kenapa ya?

Dulu Dapat Pujian, Kurnia Meiga Kini Banjir Hujatan

Semua orang tahu bagaimana mereka menyukai secangkir kopi untuk dinikmati. Kopi hitam pekat atau tidak, dengan atau tanpa gula, dengan susu sapi atau susu kedelai, ini hanyalah beberapa pilihan yang cukup banyak ditemui. Namun rupanya, tren berbeda ditampilkan video di TikTok.

Tren TikTok baru menunjukkan untuk mencoba memberi tahu netizen bagaimana menambahkan garam ke secangkir kopi. Walau enggan mencoba, ternyata menambahkan garam yang sempat membuat heboh di media sosial ini bukannya tanpa nilai.

Dulu Dipuji, Kurnia Meiga Kini Banjir Hujatan Netizen

Para peneliti menemukan bahwa memasukkan garam ke dalam kopi tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, tetapi kadang-kadang dapat meningkatkan rasa kopi yang terkadang terlalu pahit. Ya, ternyata sejumput garam akan membuat kopi Anda tidak terlalu pahit dan lebih nikmat, ini sebenarnya pengganti gula.

Dikutip laman Jerussalam Post, para ahli juga setuju, dengan ilmuwan makanan Alton Brown mengungkapkan dukungannya untuk ide tersebut di acaranya, Good Eats. Faktanya, dia banyak membicarakannya sehingga beberapa penggemar kopi menyebut tren garam sebagai "Trik Alton Brown".

Lagi, Putri Anne Tegaskan Pisah dengan Arya Saloka

Garam tidak hanya menghilangkan kepahitan kopi, tetapi juga menghaluskan rasa 'basi' dari air yang disimpan dalam tangki. Dan siapa sangka, penelitian telah membuktikan bahwa garam sebenarnya lebih baik dalam menetralkan kepahitan daripada gula.

"Saya telah menambahkan seperempat sendok teh garam halal ke setiap enam sendok makan bubuk. Itu tidak benar-benar cukup untuk dicicipi, tetapi itu akan berhasil," tulis Brown.

Halaman Selanjutnya
img_title