Penampakan Surat yang Pernah Dikirim Rasulullah ke Raja Romawi, Begini Isinya

Surat Rasulullah SAW untuk Raja Romawi
Sumber :
  • Instagram

VIVA Jabar – Nabi Muhammad SAW pernah mengirim sebuah surat untuk Raja Romawi, Heraclius pada tahun ketujuh hijriyah. Diketahui saat itu Rasulullah mengutus Dihyah bin Khalifah al-Kalbi untuk membawa surat tersebut.

Surat Rafathar untuk Raffi dan Gigi, Isinya Bikin Nagita Nangis

Mengutip buku Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad SAW yang ditulis Syekh Shafiyyurrhman al Mubarakfuri disebut bahwa Dihyah diminta untuk menyerahkan surat itu kepada penguasa Busrah, agar sang penguasa yang menyerahkan surat itu kepada Raja Heraclius.

Adapun tujuan Nabi SAW mengirim surat tersebut adalah untuk mengajak Raja Heraclius untuk memeluk Islam. Dalam suratnya Rasulullah mengatakan bahwa apabila Heraclius memeluk Islam maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

Sifat Anies Disebut Mirip Rasulullah, Umi Pipik Dikecam Netizen, Abidzar Al Ghifari Minta Maaf

Salah satu ciri khas surat yang dikirim Rasulullah adalah dengan memberi stempel bertuliskan ‘Allah Rasul Muhammad’. Diketahui tulisan itu terdiri dari tiga baris, yakni Muhammad satu baris, Rasul satu baris dan Allah sebaris.

Kini, potongan surat tersebut dikatakan tersimpan di Masjid The King Hussein Mosque, Yordani. Imam Bukhari pun pernah meriwayatkan isi dari surat tersebut, yang artinya:

Umi Pipik Puji Paslon 01 Sifatnya Mirip Rasulullah, Netizen: Jangan Ngaku-ngaku Muslim!

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

“Dari Muhammad hamba Allah dan utusannya kepada Heraclius penguasa Romawi. Salam sejahtera bagi orang yang mengikuti petunjuk. Masuk Islamlah, niscaya kamu selamat. Masuk Islamlah, niscaya Allah memberimu pahala dua kali lipat. Jika kamu berpaling, kamu akan menanggung dosa orang-orang Romawi.

Halaman Selanjutnya
img_title