Jangan Sampai Salah, Ini 5 Tips Memilih Hewan Kurban untuk Idul Adha

Ilustrasi kambing
Sumber :
  • Pixabay

VIVA JabarIdul Adha adalah momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, di mana mereka merayakan ketaatan dan pengorbanan Nabi Ibrahim. Salah satu tradisi yang dilakukan pada perayaan ini adalah penyembelihan hewan kurban.

Bak Hantu, Gurita Bertelinga Besar Hidup di Bagian Paling Dasar Laut Hawaii

Memilih hewan kurban yang berkualitas sangatlah penting untuk memastikan bahwa kurban yang kita sedekahkan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa tips memilih hewan kurban yang berkualitas.

1. Menentukan Jenis Hewan

Meski Sistem Saraf Sederhana dan Otak Tak Terpusat, Cara Berfikir Ubur-ubur Lebih Hebat

Ada beberapa jenis hewan yang umumnya dikurbankan, seperti sapi, kambing, dan domba. Pertimbangkan jumlah keluarga yang akan memakan daging kurban dan kebutuhan masyarakat sekitar saat memilih jenis hewan kurban. Pastikan juga hewan yang dipilih sesuai dengan syarat-syarat agama yang berlaku.

2. Memilih Hewan yang Sehat

Tak Ingin Anaknya Memilih Pasangan Keliru, Pinkan Mambo Akan Lakukan Hal Ini

Pastikan hewan yang akan kamu kurbankan dalam kondisi sehat. Perhatikan tanda-tanda hewan yang sehat, seperti mata yang cerah, bulu yang bersih dan berkilau, hidung yang basah, dan gerakan yang aktif. Jika memungkinkan, mintalah sertifikat kesehatan dari dokter hewan atau petugas yang berkaitan sebagai bukti bahwa hewan tersebut bebas dari penyakit menular.

3. Mengamati Bentuk dan Postur Hewan

Halaman Selanjutnya
img_title