Benarkah Susu Oat Lebih Sehat? Begini Penjelasan Pakar Gizi

Ilustrasi susu oat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA JabarSusu oat atau gandum tengah jadi pilihan alternatif lantaran dianggap lebih sehat dibanding susu jenis lainnya seperti berasal dari kacang kedelai atau bahkan hewan sapi. Tak heran, susu oat disebut-sebut sebagai susu vegan yang kaya nutrisi. Namun di balik itu, oat milk ternyata memiliki dampak yang kerap tak disadari.

Kabar Gembira untuk Penderita Diabetes! Galaxy Watch 7 Bisa Pantau Gula Darah Tanpa Tusuk Jarum

Gandum ada dalam daftar makanan dari begitu banyak diet dan ahli nutrisi karena kemampuannya membantu orang menurunkan berat badan, gula darah dan kolesterol. Itu sebabnya Anda akan menemukannya di daftar 100 Makanan Tersehat di Planet Ini. Tapi, apakah butiran gandum ini sesuai dengan manfaatnya dalam bentuk cair susu gandum?

"Yang pasti, susu oat adalah alternatif yang sangat baik untuk susu sapi atau susu kacang bagi mereka yang tidak dapat meminumnya karena alergi susu atau kacang," kata Lori Zanini, RD, CDE, ahli gizi terdaftar dan ahli diabetes bersertifikat di Manhattan Pantai, California, dikutip Eat This, Rabu 14 Juni 2023. 

Galaxy Watch Usung Teknologi Sensor BioActive, Pantau Kesehatanmu dari A sampai Z

Susu ini sebenarnya bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat selama Anda memilih jenis terbaik. Terlebih, jika menyadari bahwa susu oat secara nutrisi berbeda dari biji-bijian dalam bentuk padat alami. 

Tetapi, Zanini mengatakan satu efek samping negatif dari minum susu oat yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah peningkatan cepat gula darah di dalam tubuh. Ini adalah sesuatu yang akan menjadi perhatian jika Anda penderita diabetes atau sedang mencoba mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Cara Praktis Membersihkan Freezer, Yuk Baca Dibawah Ini

"Dalam hal pengelolaan gula darah, penting untuk menyadari bahwa cairan dicerna lebih cepat daripada makanan dan memengaruhi gula darah kita dengan cara yang berbeda, jauh lebih cepat," kata Zanini, yang juga penulis buku Diabetes Cookbook & Meal Plan for yang Baru Didiagnosis.

Zanini menegaskan bahwa penyerapan gula akan lebih cepat dari susu gandum meskipun susu ini menyediakan beberapa serat. Satu porsi susu gandum sebanyak 1 cangkir biasanya mengandung 1 gram beta-glukan, sejenis serat larut. Beta-glukan adalah prebiotik yang membantu berperan dalam menurunkan kolesterol.

Halaman Selanjutnya
img_title