Mengenal Virus OZ yang Menelan Korban Pertama di Jepang

Kutu keras berukuran sekitar 3-4 milimeter
Sumber :
  • NATIONAL INSTITUTE OF INFECTIOUS DISEASES

VIVA Jabar – Belum lama ini, Jepang mengonfirmasi kasus kematian akibat infeksi virus Oz sebagai yang pertama di dunia. Kematian akibat  virus Oz tersebut dialami oleh seorang wanita berusia 70-an di Prefektur Ibaraki. Wanita tersebut dilaporkan meninggal karena miokarditis setelah terinfeksi virus Oz dari gigitan kutu.

Orang China dan Jepang Unggul Kesehatan Meski Konsumsi Mie Instan

Meskipun ada laporan kemungkinan infeksi virus Oz yang ditularkan melalui kutu pada satwa liar dan manusia, namun ini diyakini sebagai kasus fatal pertama di dunia, dilansir dari Japan Times pada Senin, 26 Juni 2023.

Menurut kementerian kesehatan Jepang, wanita tersebut sempat mengunjungi institusi medis pada musim panas lalu dengan gejala demam, kelelahan, dan nyeri sendi. Dia diduga menderita pneumonia dan diresepkan antibiotik, tetapi gejalanya memburuk dan dirawat di rumah sakit. 

Menpora Turun Tangan Agar Justin Hubner Bisa Perkuat Timnas Indonesia Lawan Guinea

Saat dibawa ke rumah sakit, ditemukan kutu keras yang menghisap darah di pangkal paha kanannya. Kemudian lansia tersebut meninggal karena miokarditis, radang jantung, sekitar sebulan kemudian.

Lantas, apa itu virus Oz yang telah menelan korban di Jepang? simak berikut ulasannya.

Gagal di Final Piala Asia U-23, Pelatih Uzbekistan: Hasil yang Sangat Menyakitkan

Virus Oz

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, virus Oz adalah anggota thogotovirus baru yang diisolasi dari kutu yang menyebabkan infeksi mematikan pada tikus. Virus Oz itu kemungkinan secara alami menginfeksi manusia dan inang mamalia lainnya berdasarkan hasil sero survei. 

Halaman Selanjutnya
img_title