Korindo Group dan KOTRA Jakarta Gagas Program Lingkungan

SDN Kemanggisan 10
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut total sampah plastik Indonesia saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Dari total sampah yang ada, terdapat 17 persen disumbangkan oleh sampah plastik.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

Permasalahan sampah plastik menjadi semakin rumit karena sifatnya yang tidak mudah terurai. Rata-rata dibutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa mengurai sampah jenis ini secara alami, tergantung ketebalan dan bahan campurannya.

Sebagai wujud kepedulian untuk turut menekan penggunaan plastik, PT Aspex Kumbong yang merupakan Divisi Kertas dari Korindo Group bersama dengan Yayasan Korindo menjalankan program K-Peduli Recyle Program dengan memberikan 700 tas ramah lingkungan dan sosialisasi mengenai lingkungan kepada siswa siswa SDN Kemanggisan 10 dan SDN Kemanggisan 17 yang berada di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat pada Kamis (13/7).

Jasa Tirta II Dorong Masyarakat Lembang Manfaatkan Sampah dan Limbah Jadi Energi Pupuk

Dengan diberikannya sejumlah tas tersebut, secara total, Korindo Group telah memberikan donasi sebanyak 2,800 tas ramah lingkungan untuk siswa siswi di 7 (tujuh) sekolah dasar negeri yang berada di Jakarta Barat.

Tas-tas tersebut akan digunakan oleh siswa untuk mengumpulkan botol-botol plastik yang nantinya akan didaur ulang, selanjutnya dari hasil penjualannya dapat dimanfaatkan oleh koperasi sekolah yang keuntungannya dapat digunakan oleh siswa - siswi di kedua sekolah tersebut. Recycle program ini nantinya juga tidak hanya terbatas pada pengumpulan botol-botol bekas saja, namun juga kertas-kertas bekas untuk didaur ulang.

Pengangkut Sampah di Purwakarta hanya Bisa Pasrah, 6 Tahun Gaji Tak Naik

Gagasan program lingkungan ini merupakan bagian dari inisiatif Korea Peduli atau K-Peduli dalam salah satu programnya yaitu “P.E.T Bottle Recycle Program” untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dengan mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah sejak dini agar terhindar dari bahaya mikroplastik.

K-Peduli diluncurkan oleh KOTRA Jakarta bersama Gugah Nurani Indonesia, dalam bentuk platform yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif perusahaan kecil dan menengah Korea di Indonesia dalam kegiatan CSR.

Halaman Selanjutnya
img_title