Unik: Ketupat Jadi Peluang Usaha, Lebaran Pun Meriah

Ketupat Lebaran
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Tradisi ketupat pada saat lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha sangat populer di Indonesia. Secara filosofis, Ketupat dianggap sebagai simbol kerukunan, persaudaraan, dan kebersamaan. 

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Pada umumnya, masyarakat Indonesia akan mempersiapkan ketupat sebelum lebaran tiba. Sebagian masyarakat ada yang membuat ketupat sendiri, ada juga yang membeli di pasar. Namun, kebanyakan masyarakat umumnya membeli rangka ketupat di pasaran. 

Uniknya, tradisi ketupat ini dijadikan ajang pelatihan. Salah satunya dilakukan barisan Relawan Srikandi Ganjar Jabodetabek. Barisan ini mengadakan pelatihan menganyam ketupat kepada milenial di Kedai Kopi om Piece DKI jakarta, Jalan Raya pasar Senen, Jakarta Pusat.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Koordinator Wilayah Srikandi Jabodetabek, Wahyuni Safitri mengatakan pelatihan itu diadakan untuk mengasah kemampuan para milenial agar bisa membuat ketupat, terlebih beberapa hari lagi akan memasuki Hari Raya Idul Adha. 

Diketahui, ajang pelatihan terselenggara berkat bekerjasama dengan komunitas Afirmasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Keduanya bekerjasama untuk menebarkan kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya di wilayah Jakarta. 

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

"Pelatihan menganyam ketupat ini menyambut Idul Adha sekaligus membangun kreativitas para millenial," ungkap Wahyuni dalam siaran persnya, Senin (26/6/2023) 

Dia menambahkan tradisi ketupat pada saat Lebaran di Indonesia sangat populer di momen sakral bagi umat Islam. Oleh karena itu, ketupat merupakan menu yang banyak diburu saat lebaran tiba.

Halaman Selanjutnya
img_title