Wapres Ma'ruf Amin Tampak Elegan, Kenakan Pakaian Adat Sumatera Barat Saat HUT RI Ke-78

Baju Adat Wapres Ma'ruf Amin Beserta istri Pada Peringatan HUT RI
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin, didampingi istrinya Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada HUT RI ke-78, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kisah Tukang Kredit Baju Nekat Mudik Pakai Motor Berempat Pakai Uang Hasil Jual Emas Ibu

Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu daya tarik dari pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah penggunaan pakaian adat yang beraneka ragam dari seluruh nusantara yang dikenakan oleh Presiden, Wapres, maupun para pengisi dan peserta upacara. 

Pada peringatan HUT RI ke-78 ini, Wapres beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat.

Sosok Istri Baru Habib Rizieq, Ternyata Berstatus Mahasiswi Aktif Semester 3

Tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.45 WIB, Wapres tampak elegan mengenakan pakaian adat Padang, Sumatera Barat. Dimana pakaian tersebut bernuansa ungu dengan campuran aksen warna emas. Baju itu dipadukan dengan kain songket yang menutup pinggang dan hiasan keris pada bagian depan. 

Adapun makna filosofis dari pakaian yang dikenakan Wapres, adalah melambangkan kepemimpinan dari orang yang memakainya. Warna ungu yang mendominasi semakin mempertegas karakter tersebut. 

Habib Rizieq Shihab Menikah Lagi atas Desakan 7 Anaknya

Sedangkan aksesori berupa keris yang diselipkan di bagian pinggang melambangkan kehati-hatian dalam mengambil tindakan. Para pemakainya harus berpikir dan menimbang baik buruk sesuatu sebelum mengambil sebuah keputusan.

Selaras dengan Wapres, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin juga tampak anggun mengenakan baju khas Koto Gadang bernuansa senada dengan Wapres, ungu dan emas. Busana ini mencerminkan falsafah Minangkabau basyandi syarak, syarak basandi kitabullah, adat yang diterapkan di masyarat yang tidak terlepas dari prinsip-prinsip agama Islam. 

Halaman Selanjutnya
img_title