Usai Kritik Gubernur Jabar Seorang Guru Dipecat, Ridwan Kamil Buat Klarifikasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • Humas Jabar

Jabar – Baru-baru ini ramai dalam pemberitaan seorang guru dipecat dari tempatnya mengajar karena mengkritik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di media sosial, Instagram pada Rabu, 15 Maret 2023.

Ridwan Kamil Mendominasi Survei Popularitas Jelang Pilgub Jabar 2024 versi Indodata

Mengetahui hal itu, pria yang akrab disebut Kang Emil itu merespon dengan meminta Yayasan SMK Telkom Cirebon dan SMKS Ponpes Minbauul Ulum untuk tidak memberhentikan salah satu guru terbaiknya, Sabil Fadilah. Ia guru yang berani mengkritik sang Gubernur Jabar.

Kang Emil pun membuat klarifikasi atas pemecatan guru tersebut. Dalam klarifikasinya, Gubernur Jabar itu mengaku kaget dengan kabar pemberhentian guru tersebut.

Zara Unggah Foto Tanpa Hijab, Netizen Singgung Mendiang Eril

"Menyikapi hadirnya berita bahwa ada guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritik saya, yang membuat saya juga kaget, dengan ini saya sampaikan klarifikasi," kata Ridwan Kamil dalam akun instagram @ridwankamil pada Rabu, 15 Maret 2023.

Selanjutnya, Gubernur Jabar itu menulis bahwa dirinya terbiasa dengan kritik yang disampaikan warganet di ranah sosial media. Selain itu, Ridwan Kamil mengaku menyikapi komentar seperti Sabil dengan santai.

Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab, Zara Ungkap Alasannya

"Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja," katanya.

Gubernur Ridwan Kamil menduga kebijakan pemberhentian oleh pihak yayasan terkait Sabil yang merupakan seorang tenaga pengajar dan dikhawatirkan memberi dampak buruk pada anak didik.

Halaman Selanjutnya
img_title