Heboh! Diduga Ada Mata-Mata CIA (AS) di China, Siapakah Pelakunya?

Ilustrasi Mata-Mata China
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Belum lama ini, pemerintah China secara terbuka menuduh salah seorang pegawai mereka sebagai mata-mata untuk Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA.

PSSI Singgung Direktur Teknik Baru, Philippe Troussier?

Menurut laporan dari BBC pada Kamis, 24 Agustus 2023, ini merupakan kasus spionase yang signifikan yang telah diungkapkan oleh China dalam bulan ini. Tindakan ini dilakukan seiring dengan peningkatan penekanan dan retorika yang dilakukan oleh Beijing terkait keamanan nasional.

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Keamanan Negara, agen mata-mata sipil negara itu mengatakan sedang menyelidiki seorang kader di kementerian tak dikenal yang diduga direkrut oleh CIA saat dia belajar di Jepang.

Orang China dan Jepang Unggul Kesehatan Meski Konsumsi Mie Instan

Ilustrasi Mata-Mata China

Photo :
  • screenshoot by Viva

"Warga negara China berusia 39 tahun, yang diidentifikasi hanya dengan nama keluarga Hao, berkenalan dengan seorang pejabat kedutaan AS di Jepang saat mengajukan permohonan visa AS," kata kementerian itu.

Kata PSSI soal Timnas Indonesia U-20 Ikut Turnamen Maurice Revello di Prancis

Pernyataan itu menambahkan pejabat AS diduga mengembangkan hubungan dekat dengan Hao dengan mentraktirnya makan, mengiriminya hadiah, dan membayarnya untuk membantu menulis makalah penelitian.

Kementerian mengklaim pejabat kedutaan AS kemudian memperkenalkan Hao kepada seorang kolega, yang kemudian mengungkapkan dirinya sebagai petugas CIA dan meminta Hao kembali ke China untuk bekerja di departemen inti dan kritis kementerian.

Halaman Selanjutnya
img_title