Tidak! Harga BBM Pertamina Resmi Naik 1 September 2023, Berikut Daftarnya

Petugas SPBU Mengganti Papan Harga BBM
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Per-hari ini, Jum'at, 1 September 2023, PT Pertamina lagi-lagi kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dijual si stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Harga BBM non-subsidi Pertamina telah resmi dinaikkan.

Berkah Lebaran, 40 Pengusaha SPBU di Subang Raup Rp30 miliar

Dilansir dari laman resmi Pertamina, harga Pertamax naik Rp 800 per liternya, dari harga bulan Agustus yang Rp 12.500 menjadi Rp 13.300 per liter. Kemudian harga BBM non-subsidi lainnya yang juga naik adalah Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

"PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," tulis pengumuman Pertamina dikutip VIVA di laman resminya, Jumat, 1 September 2023. 

Biaya Distribusi Mahal, KDM Sarankan Tarif Tol Murah Khusus Angkutan Pangan

Petugas SPBU Sedang Melayani Masyarakat

Photo :
  • Viva.co.id

Untuk diketahui, harga BBM Pertamina di masing-masing provinsi atau daerah berbeda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah biaya distribusi. Ringkasnya, berikut harga BBM Pertamina terbaru di DKI Jakarta dan wilayah umum lainnya: 

Subsidi BBM Dicabut untuk Anggaran Makan Siang Gratis, Gibran: Belum Dilantik Kok Sudah Ribut

Pertalite Ron 90 : Rp 10.000

Pertamax Ron 92 : Rp 13.300 

Halaman Selanjutnya
img_title