Viral! SMKN 1 Depok Mematok Sumbangan Tiap Siswa Rp2,8 Juta, Uang Bos Dikemanain?

SMKN 1 Depok
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Viral di media sosial (medsos) SMKN 1 Depok membebankan uang sumbangan terhadap para siswanya sebesar Rp2,8 Juta selama satu tahun. Uang tersebut konon digunakan untuk pembiayaan sekolah.

Disdik Subang Tak Cantumkan Ijazah Madrasah Sebagai Syarat Masuk SMP, Kenapa?

Penggalangan dana tersebut pun ramai diperbincangkan dan mendapat beragam komentar. 

Wakil Kepala SMKN 1 Depok Bidang Kemitraan, Enden mengatakan ada kebutuhan sekolah yang tidak masuk dalam biaya operasional sekolah (BOS). Sehingga sekolah mengadakan rapat Bersama komite dan wali murid membahas pembiayaan. Nilai kebutuhan yang diperlukan sekolah sekitar Rp 4,3 miliar.

356 Siswa SMK Telkom Makassar Ikuti Pelatihan Awareness Literasi Digital

“Komite sudah dipanggil oleh KCD dan memang kegiatan itu kan sekolah harus menuangkannya di atas rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS). Itu sudah dilaporkan ke dinas, ternyata ada kebutuhan biaya yang memang terbiayai oleh BOS dan ada yang belum terbiayai,” katanya, Senin 11 September 2023.

Wakil Kepala SMKN 1 Depok

Photo :
  • Viva.co.id
Kisah Anak Yatim Bogor Punya Tabungan Jutaan untuk Sekolah dan Modal Usaha Ibu

Enden mengatakan, sumbangan itu digalang untuk menutupi biaya masuk dalam BOS. Dia mengaku sudah mencari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sekitar. Karena tidak ada dana CSR yang didapat maka sekolah melakukan penggalangan dana.

“Selanjutnya sesuai dengan rapat komite dengan penggalangan dana. Nah bentuknya yang pasti bantuan, namun itu tidak dipaksakan. Adapun angka itu adalah angka kebutuhan,” tukasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title