Penuhi Kebutuhan Kawasan Industri Baru, Lintasarta Bangun Network Operation Center di Karawang
- Istimewa
VIVA Jabar – Penyedia solusi teknologi informasi terkemuka di Indonesia, Lintasarta dengan bangga mengumumkan groundbreaking atau peresmian pembangunan Network Operation Center (NOC) terbaru di Karawang.
Peresmian ini dihadiri oleh Dewan Direksi Lintasarta, tim internal perusahaan, serta tim kontraktor pelaksana dan kawasan dalam rangka modernisasi pusat operasi jaringan demi memenuhi tingginya kebutuhan jaringan dari kawasan industri baru, serta meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan dan customer experience secara keseluruhan.
“NOC Karawang didirikan dengan luas lahan 10,000 m² yang terdiri dari bangunan utama NOC setinggi 3 lantai, power house, radio room, dan antena satelit VSAT. Bersama dengan NOC, Lintasarta juga membangun masjid dua lantai untuk meningkatkan kebersamaan antar karyawan. NOC ini akan menjadi pusat kendali utama untuk memantau, mengelola, dan mendukung jaringan Lintasarta yang luas dan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung berbagai sektor industri,” tutur Hariyadi Ramelan, Corporate Service Director Lintasarta.
Dengan proyeksi bertambahnya 21 juta pengguna internet baru, termasuk dari pasar B2B pada tahun 2027, permintaan akan layanan konektivitas data akan turut meningkat pesat. Pembangunan ini sekaligus menunjukkan komitmen Lintasarta dalam menyiapkan kebutuhan pelanggan tidak hanya di masa kini, tetapi juga di masa mendatang.
Selain itu, seiring dengan perkembangan coverage fiber optic Lintasarta yang membentuk struktur ring Jawa, diperlukan simpul interkoneksi baru di bagian timur untuk meningkatkan pembekuan routing dan kontingensi trafik pada saat terjadi gangguan.
Perkembangan pesat di kawasan Indonesia timur dengan tumbuhnya beberapa kawasan industri baru menjadi pasar potensial bagi Lintasarta. Dari pertimbangan tersebut, Lintasarta melakukan moderninasi NOC dalam bentuk pembangunan NOC baru di antara Cikarang hingga Karawang Timur.
Lintasarta menyediakan layanan pengelolaan NOC sebagai bagian dari jasa Managed Service IT Operation. NOC akan dapat memberikan paling tidak tiga manfaat untuk suatu perusahaan, yaitu identifikasi masalah jaringan dengan lebih cepat, downtime minimal, dan terjaminnya kelangsungan proses bisnis.