LSI Rilis Hasil Survei Terbaru, Prabowo Subianto Ungguli Ganjar dan Anies Baswedan di Jabar

Bacapres Prabowo Subianto di Kampus UGM, Yogyakarta
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar – Elektabilitas Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto nampaknya terus menunjukkan perkembangan positif baik secara nasional maupun lokal. Apalagi, kini ia diperkuat oleh mesin politik baru dengan masuknya Demokrat dalam koalisi bentukannya yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua Umum PDIP Sudah Tahu Rencana Pembentukan Presidential Club

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya yang menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto mengungguli jauh dua calon presiden potensial lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Jawa Barat.

Sementara partai yang dipimpinnya, yakni Partai Gerindra telah berhasil menyalip PDI Perjuangan ke posisi nomor 1.

Tegaskan Jadi Oposisi, Ganjar Pranowo Ingatkan Hal Ini

Hasil survei yang disampaikan kepada pers di Bandung Jawa Barat pada Kamis, 28 Septermber 2023 itu memotret preferensi pemilih warga Jawa Barat terhadap calon presiden, calon wakil presiden dan partai politik.

Adapun survei dilakukan dari tanggal 10 – 19 September 2023 dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah responden standar 440, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error 4,8%.

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

Menurut Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah yang memaparkan temuan survei tersebut, Prabowo masih kokoh memimpin elektabilitas, baik dalam simulasi perorangan maupun pasangan. Untuk perorangan, Prabowo unggul 46,1%. Namun, pada saat berpasangan dengan Erick Tohir, turun 3 % menjadi 43,4%.

Di urutan kedua, Anies Baswedan unggul diatas Ganjar Pranowo dengan 29,3%. Sama dengan Prabowo, saat Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, juga turun 4% menjadi 25,5%. Sementara Ganjar harus puas di posisi ketiga dengan elektabilitas 18,4%.

Halaman Selanjutnya
img_title