Kabar Gembira! TikTok Shop Dikabarkan akan Beroperasi Lagi, Menteri Investasi Beri Syarat Ini

Ilustrasi Aplikasi Sosmed, TikTok
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – TikTok Indonesia sebelumnya telah resmi menutup menu layanan TikTok Shop sejak 4 Oktober 2023 lalu. Namun, baru-baru ini tersiar kabar bahwa platform tersebut akan kembali membuka layanan jual beli online pada 10 November 2023 mendatang.

Hindari Penipuan! Ini 5 Tips Beli Handphone Bekas 2024

Beredarnya kabar tersebut, membuat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia angkat bicara.

Menurut Bahlil, pihaknya masih menunggu TikTok untuk mengajukan izin e-commerce sebelum mengoperasikan kembali layanan shop. Bahlil juga menegaskan apabila syarat tersebut tidak dipenuhi maka Kementerian Investasi/BKPM tidak akan mengeluarkan izin.

Realisasi Investasi di Purwakarta Tahun 2023 Capai Rp9,50 Triliun

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Batam.

Photo :
  • Viva.co.id

"Kalau TikTok tidak membuat izin untuk e-Commerce-nya, ya kita tidak kasih izin," kata Bahlil dalam telekonferensi pers Perkembangan Realisasi Investasi Kuartal III-2023, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ahok Sindir Bansos Jokowi Mirip Zaman Kerajaan, Bahlil: Dia Enggak Paham Rakyat Kecil

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu memperingatkan pihak TikTok untuk tidak bermain-main dengan kebijakan Pemerintah Indonesia. Karenanya, mereka harus mematuhi segala bentuk hal-hal prosedural terkait syarat operasional TikTok Shop, sebelum mengoperasikannya di wilayah kedaulatan Indonesia.

 "Jangan main-main, negara ini tidak boleh diatur oleh pengusaha. Pengusaha itu diatur negara, karena kedaulatan negara harus kita jaga. Kalau enggak manut (patuh), kita buat manut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title