Dedi Mulyadi Turun Tangan Bantu 17 Kuli Bangunan Asal KBB Terlantar di Kalimantan

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

Jabar – Sebanyak 17 warga asal Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang bekerja sebagai kuli bangunan di salah satu rumah sakit pemerintah di Tenggarong, Kalimantan Timur terlantar tak bisa pulang karena tak digaji.

Ribuan Buruh Deklarasi Dukung Dedi Mulyadi Jadi Gubernur Jabar

Kang Dedi Mulyadi (KDM) berhasil menghubungi salah seorang pekerja bernama Dodi. Dari sambungan telepon Dodi menceritakan mulanya ia diajak oleh salah seorang temannya untuk bekerja sebagai kuli bangunan di Tenggarong.

Di saat itu juga Dodi diminta mengumpulkan KTP bersama dengan warga lain yang akan ikut kerja. Belum sempat membahas pekerjaan, 17 tiket pesawat telah siap untuk mereka. Akhirnya mereka pun terpaksa berangkat.

Timnas U-23 Yakin Lolos Olimpiade Paris Meski Kandas di Piala Asia

“Katanya nanti sampai sana baru diberi uang kasbon untuk keluarga di rumah. Tapi ternyata ditunggu sampai tiga hari tidak ada. Akhirnya terpaksa saja lanjut kerja karena sudah jauh-jauh ke Kalimantan,” ucapnya.

Hingga hampir satu bulan mereka tak kunjung menerima upah yang dijanjikan yakni Rp 130-150 ribu per hari. Sementara utang di warung bekas mereka makan sehari-hari telah menggunung.

Dedi Mulyadi Cek Keaslian Mahar Pasangan Nikah Agar Kasus Emas Palsu Tak Terulang

Saat ditanyakan ternyata pihak perusahaan telah memberikan upah mereka kepada mandor bernama Karso yang merupakan warga Pati. Rupanya mandor tersebut telah kabur.

“Rombongan dari KBB itu ada 17 orang, tapi banyak juga pekerja yang lain sama belum digaji. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan juga tidak ada,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title