Pemdaprov DKI Jakarta Terapkan Uji Emisi Kendaraan, Ini Pertimbangannya

Polisi lalu lintas melakukan sosialisasi e-tilang atau ETLE.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA Jabar - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) DKI Jakarta tetap menerapkan razia dalam uji emisi (kelayakan) kendaraan. Keputusan ini berdasarkan peraturan terbaru Pemdaprov DKI Jakarta.

Begini Kata Pj Bupati Purwakarta Soal ASN Diduga Terlibat Kasus Gratifikasi

Dasar pertimbangan diterapkannya Uji Emisi atau kelayakan dan kepatutan kendaraan ialah lantaran kondisi udara DKI Jakarta yang mengkhawatirkan dan telah mengalami polusi.

Dengan aturan uji emisi tersebut, kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua yang berusia lebih dari 3 tahun akan dirazia dan dikenakan sanksi. Aturan mulai berlaku sejak 1 November 2023 kemarin. 

Kasus Gratifikasi Mobil Mewah di Purwakarta Naik Penyidikan

Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan razia akan fokus pada kendaraan bermotor yang berusia 3 tahun.

Mobil Mewah yang Pernah Terpakir di Rumdin Bupati Purwakarta Diduga Disita Kejaksaan, Punya Siapa?

“Per Rabu, 1 November 2023, mobil dan motor yang berusia 3 tahun akan langsung dirazia jika masuk ke Jakarta. Fokus emang fokus pemeriksaan dilakukan pada kendaraan dengan usia 3 tahun,” ungkap Ani.

Adapun mengenai ketentuan sanksi dan denda, Ani menjelaskan, hal itu tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). 

Halaman Selanjutnya
img_title