Dedi Mulyadi: Disharmonisasi dengan Alam Lahirkan Masyarakat Depresi

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Rangkaian Ruwat Jagat Mapag Hujan yang diinisiasi Kang Dedi Mulyadi (KDM) berlanjut dengan kegiatan Harmoni Diri yang digelar di Bale Pamanah Rasa, Lembur Pakuan, Kabupaten Subang, Sabtu (4/10/2023) malam.

Masalah Ketenagakerjaan, Dua Balon PKB Subang Klaim Miliki Solusi dan Inovasi

Menurut KDM ruwat jagat merupakan tradisi leluhur untuk mengingatkan diri pada mengharmonikan diri dengan alam. Ia mencoba menerjemahkan tradisi tersebut melalui pola pikir akademis dan narasi kebudayaan yang dulu terpaku dalam ritualitas dianggap mistik atau klenik.

“Jadi ngaruwat itu saya terjemahkan dalam pikiran ekologi,” ucap Kang Dedi.

Minim Perhatian, Perajin Tempe di Subang Keluhkan Harga Kedelai

Ia menjelaskan, El Nino menyebabkan kekeringan namun di Lembur Pakuan masih bisa panen tiga kali dalam satu tahun karena aliran sungai dan sumber mata air relatif masih terjaga.

“Tapi saya mengingatkan kalau daerah hulu ditambang batunya, pasirnya, ke depan El Nino tidak bisa lagi panen,” ucapnya.

Keluarga Ungkap Fakta Mengejutkan di Balik Pernikahan Sesama Pria di Cianjur

Untuk itu ruwat jagat kali ini diterjemahkan dalam semangat evaluasi tata ruang. Pertama, regulasi yang kini berbasis digital yang dianggap lebih cepat faktanya masih lambat karena terkoneksi dalam satu server yang dimasukkan berbarengan seluruh Indonesia.

Kedua, lanjut KDM, perizinan yang masuk tidak bisa dikoreksi dan dibuat pertimbangan ekologi karena berat pada sisi politik dan kepentingan. Padahal dimungkinkan terjadi kesalahan sehingga tetap harus ada pertimbangan ekologi dan masukkan untuk mempertahankan tata ruang.

Halaman Selanjutnya
img_title