Dulu Muda Kaya Raya, Kini Ki Asnawi Hidup Merana Rawat Anak ODGJ

Dedi Mulyadi dan Ki Asnawi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pepatah menyebut bahwa kehidupan bak roda yang berputar. Hari ini seseorang bisa saja berada di posisi atas dalam taraf hidupnya, tapi suatu saat bisa jatuh ke bawah.

Ribuan Buruh Deklarasi Dukung Dedi Mulyadi Jadi Gubernur Jabar

Itulah yang kini dirasakan oleh Ki Asnawi (89) yang dulunya hidup kaya raya tapi kini hidup apa adanya. Kondisi tersebut dikarenakan semua hartanya habis untuk membiayai pengobatan anak bungsunya yang mengalami ODGJ.

Belum lama ini Kang Dedi Mulyadi (KDM) tak sengaja bertemu dengan Ki Asnawi yang sedang mencari kelapa di pinggir jalan. Di umurnya yang hampir satu abad ia masih semangat mencari uang untuk menghidupi istri dan anak bungsunya.

Pengunjung Rutan Bandung Kedapatan Bawa Narkoba, Barbuk Ditemukan di Jaket Anak

“Kadang memulung kelapa, cari tutut atau kuli pacul di sawah,” ucap Asnawi.

Dalam sehari ia bisa mendapatkan uang rata-rata Rp 50 ribu. Sebagian besar uang tersebut untuk membeli rokok dan kopi untuk anak bungsunya. Sementara untuk makan keluarganya mendapat bantuan dari pemerintah desa dan tetangga.

Timnas U-23 Yakin Lolos Olimpiade Paris Meski Kandas di Piala Asia

KDM pun mengajak Ki Asnawi untuk berbelanja ke supermarket. Di sana ia dibelikan sejumlah kebutuhan pokok untuk persediaan satu bulan ke depan.

Usai belanja, KDM pun berkunjung ke rumah Asnawi. Tak disangka ternyata Asnawi menempati rumah yang besar khas orang kaya zaman dulu di tengah perkampungan warga.

Halaman Selanjutnya
img_title