Bang Onim Relawan dari Indonesia, Cerita Pasien di Gaza Operasi Tanpa Obat Bius dan Pereda Nyeri

Bang onim
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA Jabar – Serangan Israel ke jalur Gaza sejak tanggal 7 Oktober 2023 yang lalu telah menimbulkan dampak yang sangat amat buruk pada fasilitas medis. Banyak warga sipil yang terluka parah dan terhambatnya pasokan medis membuat rumah sakit di jalur Gaza terpaksa melakukan tindakan mengerikan.

Dedi Mulyadi Sebut Ada Kejutan Ditengah Gonjang-ganjing Pencalonannya di Pilgub Jabar

Pemandangan tersebut diungkapkan oleh Bang Onim sebagai salah satu relawan dari Indonesia yang sempat bermukim di Gaza selama belasan tahun. Ia menceritakan bahwa banyak sekali pasien yang melakukan operasi tapi tanpa melakukan pembiusan terlebih dahulu.  “Yang cedera itu sudah lebih dari 27.000 orang. Jadi di rumah sakit nih bang Ded, di dalam rumah sakit sudah tidak ada listrik dan ruangan” kata Bang Onim saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Deddy Corbuzier

Bang, ayolah

Photo :
  • tangkapan layar berita VivaNews
Bobon Santoso Berencana Jual Alphard untuk Biayai Proyek Kuliner di Papua

“Tim medis yang ada di jalur Gaza sudah kebingungan kita mau ngapain nih. Mau melakukan operasi tidak punya alat untuk pembiusan. Jadi, tangan putus dan kaki putus, dijait gak pake obat bius terlebih dahulu. Setelah penjahitan selesai, gak dikasih obat,” cerita Bang Onim.

Bang Onim mengatakan bahwa seharusnya dalam peperangan itu terjadi antara militer dengan militer, bukan militer dengan warga sipil dengan mayoritas anak-anak. Namun, ia meyakini bahwa hal tersebut dilakukan Israel untuk memutus penerus warga Palestina di Gaza.  

Emosi Bobon Santoso Pecah Saat Bicara Pengalaman di Papua

“Setelah dioperasi, dibom rumah sakitnya dan ini kan harusnya saat terjadi peperangan kan warga sipil dilindungi, fasilitas vital ini rumah sakit dan sekolah harus dilindungi. Jadi pihak penjajah melakukan pembunuhan itu dengan merudal kompleks atau rumah,” ungkapnya.

Korban perang menerima perawatan di rumah sakit Al-Shifa di Gaza

Photo :
  • tangkapan layar berita VivaNews
Halaman Selanjutnya
img_title