Meski Ditetapkan Tersangka, Firli Bahuri Tetap Mendapatkan Hak Gaji dan Tunjangan

Ketua KPK RI, Firli Bahuri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar - Polda Metro Jaya resmi menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Disebut Otak Konten Aliran Sesat Boleh Tukar Pasangan, Simak Profil Gus Samsudin

Dengan penetapan status tersangka, Firli Bahuri diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai Ketua KPK. Akan tetapi, Firli Bahuri tetap mendapatkan hak gaji sebesar 75 persen.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2006 tentang Hak Keuangan, Kedudukan Protokol dan Perlindungan Keamanan Pimpinan KPK.

Tamara Tyasmara Amuk Yudha Arfandi Saat Rekonstruksi Pembunuhan Dante, Netizen: Akting

Dalam PP tersebut, Pasal 7 menyebutkan bahwa pimpinan KPK masih menerima 75 persen gaji meskipun statusnya telah menjadi tersangka atas sebuah kasus. 

Saksikan Rekonstruksi Pembunuhan Dante, Tamara Tyasmara Emosi pada Yudha Arfandi

"Bagi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menjadi tersangka sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diberikan penghasilan sebesar 75 persen dari penghasilan," begitu bunyi Pasal 7.

Selain prosentasi gaji pokok, Firli juga masih berhak menerima tunjangan perumahan, asuransi kesehatan dan jiwa hingga tunjangan hari tua.Tunjangan ini diberikan sejak Firli diberhentikan sementara.

Halaman Selanjutnya
img_title