Jelang Pemilu 2024, DPD ADKI Jabar Siap Bantu Pemerintah Perangi Hoax!

DPD ADKI Jabar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Isu hoax cukup meresahkan menjelang Pemilu 2024. Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, sepanjang 2022 terdapat 10 hoaks Pemilu. Sementara sepanjang Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023, jumlah ini meningkat yaitu 91 isu hoax Pemilu.  

Aiman Witjaksono Dapat Informasi 'Polisi Tidak Netral' saat Aktif Jadi Wartawan

DPP Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) bertekad membantu pemerintah dalam menyukseskan pemilu agar berjalan lancar sesuai program Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Ketua DPD ADKI Jabar Yulham Rizal mengatakan, ADKI Jabar diantaranya memastikan siap ikut menangkal hoax di Pemilu 2024. Caranya, kata Yulham, dengan mendirikan posko-posko di desa-desa seluruh Jabar.

Partai Koalisi Perubahan Siap Gabung PDIP Dorong DPR Ajukan Hak Angket

"Kami mendukung penuh program dari dewan pembina kita Pak Budi Ari dari Kominfo. Di Jawa Barat kita akan mendirikan posko-pokso di seluruh Jawa Barat," kata Yulham, Senin (27/11/2023).

Menurut Yulham, posko-posko ini nantinya akan menampung informasi-informasi hoax selama pemilu, terutama di wilayah Jabar.

Timnas AMIN dan TPN Ganjar-Mahfud Kompak Bongkar Fakta Kecurangan Pemilu 2024

Yulham menambahkan, berita-berita hoax membuat masyarakat mendapatkan informasi simpang siur. Ia mencontohkan, isu simpang siur banyak beredar di sosial media.

"Isu tersebut membuat masyarakat tak mendapat informasi yang jelas dan bagus. Kami akan bekerjasama mendirikan posko untuk membantu program pemerintah mengurangi penyebaran hoax," ujar Yulham.

Halaman Selanjutnya
img_title