Hindari Isu Kesukuan di Muscab Peradi Bale Bandung, Advokat Rian: Perlu Jiwa Kebangsaan

Advokat Rian Irawan S
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Gelaran Musyawarah Cabang Peradi Bale Bandung yang rencananya bakal dilaksanakan Januari 2024 mendatang Organisasi mendapat sorotan dari advokat muda Rian Irawan Sugesti. 

Hasto Ungkap Sosok yang Bercerita Soal Prabowo hanya Jabat Presiden 2 Tahun

Rian menekan kan perlunya jiwa kebangsaan dalam proses Muscab. Pasalnya, hal tersebut lebih penting bagi advokat saat menjalankan tugas profesinya dalam menegakkan keadilan. 

"Dari sisi tuntutan profesinya jelas perlu jiwa kebangsaan karena seorang advokat dimanapun berada melayani masyarakat dari beragam latar belakang berbeda, baik sosial ekonomi, suku, agama dan ras," demikian dikatakan advokat muda Rian Irawan Sugesti, melalui siaran persnya, di Bandung, Senin (11/12/2023). 

Isu Ria Ricis dan Teuku Ryan Pisah Semakin Menguat, Benarkah?

Menurut Rian jiwa  kebangsaan, nasionalisme dan rasionalitas harus manjadi roh organisasi advokat. 

Diakuinya pandangan tersebut muncul untuk mencegah adanya isu-isu kesukuan yang digunakan untuk kepentingan dalam pemilihan ketua Muscab Peradi Bale Bandung. 

Jelang Muscab Peradi Bale Bandung, Rizky Ajak Advokat Muda Kritis Memilih Kandidat

"Misal saya orang Sunda ketika kita harus bicara orang sunda yang memimpin . Dalam konteks demokrasi sah-sah saja. Namun terminologi Sunda bisa dimaknai suku, sistem nilai dan banyak lagi," ujar pria yang juga aktifis lingkungan hidup. 

Kendati demikian dirinya menolak jika kepemimpinan organisasi advokat didasarkan pada pendekatan pada kelompok atau suku tertentu karena bisa mengecilkan marwah organisasi advokat. 

Halaman Selanjutnya
img_title