Massa Pengantar Jenazah Lukas Enembe Ricuh, 25 Ruko Dibakar

Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Jabar – Massa pengantar jenazah Gubernur Papua non-aktif, Lukas Enembe terlibat kerusuhan. Akibatnya, tercatat sedikitnya 25 rumah toko (ruko) dibakar. Dalam insiden tersebut juga dilaporkan 7 aparat dari TNI-Polri mengalami luka-luka.

Cerita Rey Mbayang Nyaris Meregang Nyawa di Papua saat Diving

"Kita dari aparat keamanan ada 7 TNI Polri, sopirnya Karo Ops, dan tim saya, sopir saya itu juga kena," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Jayapura, Kamis (28/12/2023) malam.

Irjen Mathius juga mengungkapkan pihak mampu mengontrol stabilitas keamanan di Jayapura, Papua. Kini, aparat sedang fokus mengantisipasi kerusuhan pasca pemakaman Luka Enembe.

Bobon Santoso Berencana Jual Alphard untuk Biayai Proyek Kuliner di Papua

"Saya sudah minta anggota di jajaran, kita akan jaga sampai besok pagi sampai semua massa pascapenguburan itu kembali. Kita akan kawal aksi-aksi yang harusnya tidak boleh," kata Mathius.

Selanjutnya Mathius mengungkapkan bahwa aparat yang mengalami luka-luka sudah dirujuk ke rumah sakit. Ketujuh aparat yang luka tersebut sedang dalam perawatan intensif.

Emosi Bobon Santoso Pecah Saat Bicara Pengalaman di Papua

"Kami berharap semua ditangani dengan baik oleh pihak rumah sakit," katanya.

Kemudian, Mathius juga membeberkan akibat dari kerusuhan tersebut. Setidaknya ada 2 unit rumah dirusak dan 2 unit mobil dirusak.

Halaman Selanjutnya
img_title