Kontribusi Sampah Plastik di Kawasan Wisata Makin Rumit, Hulu Migas Jabar Turun Tangan

BUMD Hulu Migas Jabar
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat PT Migas Hulu Jabar ONWJ (Offshore North West Java) menggaet komunitas dan masyarakat mengatasi permasalahan sampah di Kawasan wisata Saung Alas, Muara Gombong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Peneliti Sampah Plastik, Jenna Jambeck menjelaskan, jika masalah sampah ini tidak segera ditangani, pada 2050 diprediksi akan menyamai dengan populasi jumlah ikannya. 

Dinkes Jawa Barat Berkomitmen Pelayanan Publik Berbasis HAM

"Untuk itu, penyelesaian terhadap sampah ini harus dilakukan dari hulu ke hilir termasuk didalamnya yang penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat," ujar Jenna dalam keterangannya, Jumat 29 Desember 2023.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2021, Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah dan dimana sampah plastik menjadi permasalahan lingkungan di dunia yang belum terpecahkan meskipun banyak inovasi untuk menanggulanginya.

Rombongan Dari Bogor Geruduk Lembur Pakuan Dukung Dedi Mulyadi Maju di Pilgub Jabar

Jenna Jambeck mengungkapkan, Indonesia jadi salah satu negara sebagai penyumbang limbah plastik terbanyak di lautan, yaitu tercatat sekitar 1,2 juta ton metric per tahun. Di Saung Alas, Muara Gembong pun tidak luput dari permasalahan sampah plastic baik yang terbawa arus maupun akibat perilaku masyarakat danwisatawan. Untuk itu, PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) bekerjasama dengan Yayasan Silaturohim Indonesia dan berbagai lapisan masyarakat bergotong royong membersihkan sampah di kawasan tersebut. 

"Kita sebagai masyarakat harus sadar dan peduli terhadap lingkungan, apalagi saung alas ini menjadi salah satu objek wisata muara gembong yang terdapat mangrove sehingga kita harus menjaga kelestarian muara gembong ini. Kegiatan ini adalah langkah awal kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap Direktur utama Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) Ubaydillah. 

Perdana di Subang, FIF Pidanakan Pelaku Tindak Fidusia

BUMD Hulu Migas Jabar

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title