UAS Sarankan Umat Islam untuk Mengadakan Muhasabah di Malam Tahun Baru 2024

Ustadz Abdul Somad (UAS).
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Ustadz Abdul Somad (UAS), menyarankan seluruh umat Islam di Indonesia untuk mengadakan acara muhasabah di malam pergantian tahun baru 2024.

Ustaz Khalid Basalamah Tegur Orangtua yang Ajakan Anak Puasa Setengah Hari

Ia pun menyarankan untuk tidak menyambut tahun baru dengan meniup terompet. 

"Maka jangan kasih anak kita tiup-tiup terompet. Tanggal 31 Desember malam tahun baru masjid buat taqbilgh akbar undang siapa muhasabah. Jam 10 jam 11 malam muasahab, jam 12, jam 1 terus jangan sampai (tidak)," katanya, dikutip dari akun YouTube Indonesia mengaji. 

Perjalanan Spiritual Ragnar Oratmangoen hingga Putuskan Mualaf

Bukan tanpa sebab, menurut Ustadz alumni Universitas Al-Azhar Mesir itu, meniup terompet merupakan tradisi agama Yahudi, sehingga umat Islam tidak perlu melakukannya. 

"Maka tiuplah terompet-terompet untuk menyambut tahun baru dalam tradisi Yahudi di perjanjian lama. Itu ditiuplah  terompet dari kepala tanduk kerbau," kata UAS.

Cerita Dian Sastro, Jadi Mualaf Karena Bertanya Soal Kiamat

Dan jika para anak-anak muda di suatu tempat tidak mengadakan pelaksanaan muhasabah, maka UAS menyarankan untuk langsung tidur saja sehabis Isya.   

"Anak-anak muda yang tidak muhasabah tidak datang ke masjid tidur abis Isya. Kalau tidak bisa tidur makan antimo dua biji. Abis Isya (baca doa tidur) baru tidur. Jangan kalian ikut merayakan (tahun baru)," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title