Habib Rizieq: Kalau Beda Pilihan Capres, Gak Boleh Maksa dan Kafirkan Orang

Habib Rizieq.
Sumber :
  • Youtube/tangkaplayar

VIVA Jabar – Pada baru-baru ini, Habib Rizieq Shihab memberikan ceramah yang tidak hanya membahas seputar agama tetapi juga menyinggung soal Pilpres 2024 di Majelis Markaz Syariah Petamburan pada Senin, 29 Januari 2024. 

Jubir FPI Ungkap Alasan Habib Rizieq Menikah Lagi

Dalam ceramahnya, Habib Rizieq menyampaikan kepada para jemaahnya, khususnya para ibu-ibu, untuk tidak harus mengikuti ijtima ulama dalam memilih calon presiden. Menurutnya, meski pilihan pada akhirnya berbeda dengan hati nurani, tidak boleh ada pemaksaan atau saling mengkafirkan sesama umat.

“Kalau umpamanya ibu tetap punya pilihan hati nurani, gak saya gak cocok dengan yang empat, saya pilih partai lain, itu hak ibu. Gak boleh ada yang maksa ibu, gak boleh ada yang mencaci maki ibu, gak boleh wah kamu ini gak betul, kamu ini sesat, kamu ini kafir karena kamu sudah milih partai yang tidak didukung ijtima ulama, gak boleh,” ujar Habib Rizieq Shihab yang dikutip dari YouTube Islamic Brotherhood Television (IBTV) dan diunggah ulang instagram @fakta.indo pada Rabu, 31 Januari 2024. 

Kapolri Angkat Bicara Soal Kapolda Jadi Saksi Kecurangan Pilpres

Lebih lanjut, Habib Rizieq menjelaskan bahwa urusan pemilu ini termasuk dalam urusan furu, bukan ushul. Ia menekankan perbedaan pandangan yang mungkin muncul di kalangan umat dan mengajak untuk tidak terkejut menghadapinya.

“Karena urusan pemilu ini, urusan furu bukan ushul. Ini bukan urusan ushuluddin bukan furu’uddin. Jadi kita berbeda, mungkin orang punya pandangan berbeda-beda. Makanya jangan kaget,” imbuhnya. 

Prabowo-Gibran Berjaya di Kepri, Raihan Suara Bikin Heboh

Komentar netizen pun bermacam-macam. Ada yang memberikan apresiasi atas pernyataan Habib Rizieq yang dianggap penuh toleransi. Sementara, beberapa netizen juga menyatakan bahwa pandangan Habib Rizieq yang netral memberikan rasa adem. Mereka berpendapat bahwa Islam seharusnya dipenuhi dengan cinta dan kasih terhadap manusia dan alam semesta.

“Keren euy... Habib rizieq udah berubah sekarang. Udah guys, gausah ingat kesalahan beliau sebelumnya semua orang juga punya kesalahan. Salam toleransi.”

Halaman Selanjutnya
img_title