Petugas Pemilu yang Meninggal Meningkat Jadi 71 Orang

Ilustrasi kotak suara Pemilu 2024.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Jabar – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari mengungkapkan bahwasanya angka meninggal dunia terhadap petugas pemilihan umum (pemilu) meningkat menjadi 71 orang.

Ruhimat-Agus Masykur Jilid 2? PKS Subang Usulkan 3 Nama Bakal Calon Bupati ke DPP

Hal ini dia sampaikan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

"Pada tanggal 14 Februari sampai dengan tanggal 18 Februari 2024 dalam catatan kami yang meninggal ada 71 orang dengan rincian; anggota PPK ada 1 orang di tingkat kecamatan, kemudian anggota PPS di tingkat desa kelurahan ada 4 orang," jelas dia.

Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres, KDM: Kemajuan Bangsa Diraih Dengan Kerja Keras dan Persatuan

"Kemudian anggota KPPS di tingkat TPS ada 42 orang, kemudian linmas yang menjaga keamanan kegiatan penghitungan pemungutan suara yang meninggal 24 orang," sambung dia.

Sementara itu, Hasyim mengatakan yang jatuh sakit ada sebanyak 4.567 orang, dengan rincian di tingkat kecamatan atau PPK 136 orang, di tingkat PPS desa kelurahan ada 696 orang, kemudian anggota KPPS di tingkat TPS ada 3.371 orang, untuk linmas yang sakit ada 364 orang.

Gerindra Rajai Pileg Jabar, Dedi Mulyadi: Haturnuhun, Semoga Tidak Ada Lagi Jalan Rusak

"Sampai dengan saat ini per tanggal 17 Februari santunan yang telah disalurkan sebanyak 4 orang anggota badan ad hoc yang meninggal," ujarnya.

Sementara, diberitakan sebelumnya, seusai pemilu, sebanyak 3.909 petugas pemilu sakit atau kecelakaan, dan 35 orang meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title