Jangan Rusak Momen Lebaran Anda dengan Bau Badan, Ini Tips dari Dokter Tirta

Ilustrasi bau badan
Sumber :
  • viva.co.id

JabarLebaran atau Hari Raya Idul Fitri tentu menjadi hari yang spesial bagi segenap umat islam sedunia. Bahkan, tak jarang non-muslim ikut merayakannya sebagai bentuk persaudaraan sesama anak bangsa.

Cara Klaim Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi Penghasil Uang, Ikuti Panduannya!

Namun, alangkah tidak nyamannya kalau anda atau orang di dekat anda mengalami bau badan di saat momen penting seperti lebaran. Tentu, itu dapat mengganggu. Padahal, di momen Hari Raya Idul Fitri tubuh harus fresh dan wangi, disamping sunnah, juga demi kesehatan dan kenyamanan tubuh.

But, don't worry. Dokter Tirta membagikan trik untuk mengatasi masalah bau badan. Tentu saja, bau badan perlu dipahami penyebabnya, dan kerap kali keringat menjadi pemicu bau badan tak sedap.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Menurut Dokter Tirta dalam cuitannya, secara umum keringat dihasilkan dari dua kelenjar. Pertama kelenjar eccrine, kelenjar ini tidak menimbulkan bau. Kedua kelenjar opcrine, kelenjar inilah yang menyebabkan bau apabila tercampur dengan bakteri.

"Kelenjar eccrine berfungsi mengatur suhu inti tubuh, tersebar merata di permukaan kulit, telapak tangan dan kaki. Pas anda olahraga keringet gobyos, lha ini hasil eccrine," cuit dokter Tirta di Twitter, dikutip Senin 17 April 2023.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Sementara itu, kelenjar apocrine biasanya terstimulasi setelah seseorang mengalami pubertas akibat stimulasi hormon seksual. Kelenjar ini berhubungan dengan folikel rambut di ketikak (axilaris) dan selangkangan (groin). Keringat dari apocrine ini jika ada kontak dengan bakteri maka akan menimbulkan bau badan.

"Nah bau itu tercipta bukan dari banyaknya keringat. Sebab dalam kondisi normal, keringat dari kelenjar itu tidak berbau. Perubahan hormon atau penyakit metabolik juga bisa menimbulkan bau, contohnya pada obesitas. Kalo orangnya kotor, jorok, mandi ngga bersih, bakteri banyak > bau," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title