78 Pegawai KPK Terbukti Lakukan Pungli, Jalani Sanksi Minta Maaf Serentak

78 pegawai KPK terlibat pungli
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Kabar tidak mengenakkan datang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga yang seharusnya memberi contoh perilaku bersih itu ternyata juga dihuni oleh orang-orang yang melanggar etik.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

Sebanyak 78 pegawai KPK terbukti menerima pungutan liar (pungli) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK. Para pegawai lembaga anti rasuah yang terlibat pungli itu menjalani sanksi yang dijatuhkan Dewan Pengawas (Dewas) KPK dengan meminta maaf secara serentak.

Permintaa maaf yang dilakukan secara terbuka itu dilakukan di Gedung Juang KPK pada Senin, 26 Februari 2024.

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

"Saya menyampaikan permintaan maaf kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dan/atau insan KPK atas pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku yang telah saya lakukan, berupa menyalahgunakan jabatan dan/atau kewenangan yang dimiliki termasuk menyalahgunakan pengaruh sebagai Insan Komisi baik dalam pelaksanaan tugas, maupun kepentingan Pribadi dan/atau golongan," ujar perwakilan pegawai terperiksa.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK, Cahya H. Harefa memimpin putusan etik tersebut. Pada saat eksekusi putusan etik itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Anggota Dewas dan sejumlah struktural KPK lainnya juga hadir menyaksikan putusan etik tersebut.

KPK Kembangkan Penyidikan Kasus Korupsi CCTV, Sekda Bandung Disebut Jadi Tersangka Baru

Pada kesempatan itu, Cahya H. Harefa mengatakan dirinya turut berduka atas pungli yang dilakukan pegawai di Rutan KPK tersebut.

Bahkan, menurut Cahya 78 pegawai KPK tersebut telah menyimpang dari nilai-nilai KPK.

Halaman Selanjutnya
img_title