KPU Angkat Bicara Soal Lonjakan Suara PSI di Sirekap

Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya angkat bicara soal lonjakan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Sirekap.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

"Kami belum mengerti yang dimaksud dengan lonjakan tersebut itu lonjakan yang mana," ujar Komisioner KPU, Idham Holik dikutip dari tvOnenews, Minggu, 3 Maret 2024.

Namun, dirinya menegaskan bahwa suara peserta pemilu merupakan hasil berdasarkan rekapitulasi dan saat ini pihaknya sedang melakukan rekapitulasi berjenjang.

Puan Maharani Enggan Tanggapi Isu Pengambilalihan Kursi Ketum PDIP

"Yang jelas UU Pemilu menegaskan bahwa perolehan suara peserta pemilu yang disahkan oleh KPU itu berdasarkan rekapitulasi resmi yang dilakukan mulai dari BPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU RI dan saat ini sedang berlangsung rekapitulasi berjenjang," sambungnya.

Idham menuturkan bahwa saat ini rekapitulasi berjenjang sudah sampai di tingkat kabupaten/kota. Maka dari itu, dirinya meminta masyarakat untuk menunggu hasil rekapitulasi hingga final.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

Sebelumnya, suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendadak meroket jelang akhir penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil real count KPU, suara PSI menembus angka 3,12% dari total suara yang masuk. Dalam rentang waktu 17 jam suara PSI mengalami kenaikan sebesar 72.441 ribu suara.

Halaman Selanjutnya
img_title