LSI Sebut Jokowi Berusaha Keras Duetkan Ganjar dan Prabowo

Pranowo Subianto dan Presiden Jokowi
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Pasca Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinaikkan tugasnya menjadi bakal calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, memunculkan berbagai prediksi dan statement.

Dedi Mulyadi Yakin MK Tolak Gugatan PHPU Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Sah Sebagai Pemenang

Baru-baru ini, Ketua Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut bahwa ada upaya keras dari Presiden Joko Widodo untuk menyandingkan Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto.

"Karena posisi Ganjar sudah jelas sebagai capres dan didukung juga oleh Jokowi, maka dukungan Jokowi terhadap Prabowo menurut saya adalah upaya untuk mengajak Prabowo jadi pasangan Ganjar sebagai cawapres," ujar Djayadi kepada awak media, Minggu 23 April 2023.

Presiden Korea Selatan Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Menurut Djayadi, upaya Jokowi untuk menggaet Prabowo sudah terlihat selama lima bulan terakhir. Jokowi seolah mengendors Prabowo melalui keakraban keduanya dalam komunikasi yang intens saat pertemuan-pertemuan terakhir. Sehingga elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu tampak meningkat dalam kurun belakangan.

"Diperkirakan tadinya Prabowo potensial menjadi capres, tetapi kalau melihat situasi sekarang tidak mungkin Jokowi sebagai kader PDI-P dan dia sudah menyatakan dukungan yang tegas soal ganjar sebagai capres di pengumuman, tidak mungkin Pak Jokowi mengubah posisinya dari mendukung Ganjar menjadi capres berubah mendukung ganjar menjadi cawapres kan gak mungkin, sulit," jelas Djayadi. 

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Dia menambahkan, Jokowi tampak seperti sosok yang akan menjadi perantara untuk menjembatani rencana koalisi partai-partai dalam pengusungan capres-cawapres. Sehingga tidak menampik kemungkinan besarnya kans antara Ganjar-Prabowo menjadi pasangan di pilpres mendatang. 

"Soal diterima atau tidak itu kan soal perkembangan dinamika politik ke depannya. Jadi kalau kita bicara soal apakah ada kans Prabowo jadi cawapres Ganjar, ada kans nya. Tergantung apakah Jokowi bisa meyakinkan Pak Prabowo soal itu. Dan tentu nanti akan tergantung kepada bagaimana perjanjian antara Prabowo dengan Ganjar dan PDI-P," ungkap Djayadi. 

Halaman Selanjutnya
img_title