Pemkab Purwakarta Siapkan Ratusan Pompa untuk Alirkan Air ke Sawah, Antisipasi Musim Kemarau

Sri Jaya Midan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyiapkan ratusan pompa untuk mengalirkan air ke sawah untuk mengantisipasi musim kemarau.

Mobil Masih Kredit, Kejari Purwakarta Libatkan PPATK dalam Kasus Dugaan Gratifikasi Oknum ASN

Ratusan pompa penyuplai air itu disiapkan sekaligus untuk mengamankan target produksi beras tahun 2024. Adapun target tersebut yakni 209.967 ton gabah kering giling (GKG) atau setara 134.609 ton beras.

"Langkah itu menunjukkan Pemkab Purwakarta bersungguh-sungguh dalam membangun ketahanan pangan daerah. Ketahanan pangan memastikan terjadinya ketersediaan pangan masyarakat dengan harga terjangkau. Ketersediaan pangan yang terjangkau sekaligus bisa membantu pengendalian inflasi daerah," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono, Senin, 6 Mei 2024.

Begini Kata Pj Bupati Purwakarta Soal ASN Diduga Terlibat Kasus Gratifikasi

Rudi mengatakan, Penjabat (Pj) Bupati telah mengarahkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) untuk mempersiapkan segala langkah strategi mencapai pencapaian target produksi beras Purwakarta.

“Dengan pengalamannya yang panjang, Pj Bupati meyakini jajaran Dispangtan Purwakarta akan mampu mengatasi musim tanam gadu dan musim kemarau yang pasokan airnya mulai berkurang,” kata Rudi Hartono.

Jadi Tuan Rumah, Pj Bupati Purwakarta Cek Kesiapan Venue Jelang Popwilda Wilayah II Jabar 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan mengatakan, ia telah menyiapkan langkah-langkah strategi untuk mendengarkan Arahan Pj Bupati Purwakarta dalam mencapai target produksi beras.

“Memasuki musim tanam gadu dan musim tanam kemarau biasanya ditandai dengan berkurangnya pasokan udara bagi areal persawahan. Ini akan menjadi perhatian serius kami untuk mengatasinya,” kata Midan.

Halaman Selanjutnya
img_title