Belum Disetujui Kemendagri, Pemekaran Subang Utara Diprediksi Makan Waktu Lama

Kasubag Tapem Setda Subang M Dani.
Sumber :

Jabar – Pemerintah daerah Kabupaten Subang masih menunggu persetujuan pihak Kemendagri atas pemekaran Kabupaten Subang Utara.

Tidak Ada Konvensi, Golkar Subang Putuskan Dua Nama Bakal Calon Bupati Subang

"Masih menunggu ya. Kalau ditanya proses, ini pasti memakan waktu yang lama," ujar Kasubag Tata Pemerintahan Setda Subang, Mohamad Dani saat ditemui di ruang kerjanya, Senin ( 6/5 ).

Menurutnya, proses pengusulan Kabupaten Subang Utara menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) akan meliputi berbagai tahapan. Mulai dari kelengkapan administrasi, kajian, daerah persiapan, dan lainnya.

Dibiayai Sponsor, Paslon Bupati Bisa Keluarkan Dana Rp25-30 Miliar Saat Pilkada

"Untuk daerah persiapan saja butuh waktu 3 tahun dan harus di pimpin oleh PJ Bupati berstatus PNS yang dipilih oleh Kemendagri. Belum lagi Subang menempati urutan ke- sembilan, dalam daftar usulan Kabupaten baru pastinya pihak Kemendagri lebih memprioritaskan usulan yang masuk lebih dulu," tambah dia.

Dani mengimbau kepada masyarakat Subang, agar jangan mudah terpancing dengan beredarnya informasi di berbagai media sosial. Yang menerangkan bahwa Subang Utara sudah di setujui sebagai daerah otonomi baru oleh Kemendagri.

School Creative Hub 2024, Kadisdik Jabar: Hal yang Mustahil Akan Jadi Kenyataan di Esok Hari

"Jangan terpancing. Usulan belum disetujui oleh Kemendagri, moratorium pun belum dicabut," tegas Dani.

Sekertaris BKAD Subang, Chairil Syahdu menyebut, dalam rangka persiapan pemekaran Kabupaten Subang Utara, pihaknya telah mempersiapkan anggaran sekitar Rp3 miliaran guna pembangunan fisik dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title