Pemerintah Siapkan Rp.9 Triliun untuk Dibagikan pada Masyarakat Indonesia, Cek Jadwal Pencairannya

Tips mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay.com

VIVA Jabar – Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan dana sebesar Rp.9 triliun untuk bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Bantuan tersebut akan berupa beras 10 Kg yang akan dibagikan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemerintah Bagikan Saldo DANA Gratis Rp.300.000 Tiap Bulan, Cek Data Diri Anda

Adapun jadwal pembagiannya ialah mulai Agustus, Oktober, dan Desember. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi kepada awak media.

Distribusi Beras

Photo :
  • Istimewa
Kabar Gembira! Pemerintah Kembali Bagikan Saldo DANA Gratis Melalui BLT Dana Desa

"Bantuan pangan (beras 10 kg) ini diputus dalam rapat internal sama Pak Presiden, (dilanjutkan) bulan delapan, 10 dan 12. (Anggarannya) sekitar Rp9 triliun," kata Arief Prasetyo Adi, dikutip pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Dengan melihat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Presiden Jokowi akhirnya menetapkan kelanjutan pemberian bantuan pangan berupa beras 10 Kg tahap ketiga itu.

Segera Klaim Saldo DANA Gratis dari Pemerintah, Cair Bulan Juni 2024

"Tahun lalu kan juga nggak full 12 bulan, tahun ini (dilanjutkan tahap tiga untuk bulan) 8, 10, dan 12 karena Pak Presiden kan selalu menyampaikan dalam beberapa kesempatan akan melihat postur APBN juga," terang Arief.

"Kalau APBN-nya, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyampaikan kita akan lakukan tiga bulan, maka tiga bulan berarti bulan 8, 10, dan 12. Karena kita lihat juga fiskal, jangan hanya untuk pemenuhan bantuan pangan, tapi kegiatan yang lain yang penting juga jangan sampai tertinggal, itu keputusannya dalam rapat kabinet," jelas Arief.

Halaman Selanjutnya
img_title