Kabar Gembira Buat Mahasiswa! Kini Bisa Cek Penerima Beasiswa KIP Kuliah, Ini Caranya

Ilustrasi beasiswa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Pemerintah Indonesia terus berupaya memajukan pendidikan. Berbagai program diluncurkan seperti Program Indonesia Pintar (PIP) hingga pemberian beasiswa melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Syarat Daftar Beasiswa KIP Kuliah Tanpa Tercatat DTKS, Mahasiswa Bisa Daftar Sendiri!

Kini, mahasiswa atau siapapun yang punya kepentingan terkait program beasiswa itu, bisa mengecek langsung penerima beasiswa KIP Kuliah tersebut.

Plt. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Abdul Kahar mengatakan tersedianya fitur Cek Penerima KIP Kuliah tersebut, maka masyarakat dan lembaga atau pihak lain, seperti Pemerintah Daerah, kementerian, atau pihak swasta yang juga menyediakan beasiswa yang sejenis bisa melakukan validasi dan verifikasi.

Kabar Gembira! Mahasiswa Bisa Daftar KIP Kuliah Meski Tak Tercatat DTKS, Ini Caranya

“Melalui fitur tersebut bisa dicek nama dan asal perguruan tinggi mahasiswa yang menerima manfaat KIP Kuliah untuk menghindari double funding, “kata Abdul Kahar.

Berikut cara cek penerima beasiswa KIP Kuliah:

  • Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  • Bila buka di laptop atau PC, di halaman utama bagian atas ada sub kanal “Cek Penerima”. Klik  menu tersebut, maka akan muncul pencarian untuk diisi
  • Untuk perangkat mobile android atau di iOS, maka di pojok kanan atas ada 3 icon baris, Klik icon 3 baris itu maka akan muncul pilihan, klik Cek Penerima
  • Masukkan NIK mahasiswa lalu klik enter, maka akan muncul nama perguruan tinggi dan data lainnya jika memang yang bersangkutan termasuk dalam daftar penerima beasiswa KIP Kuliah.
Forum Komunikasi Aktivis Pemuda & Mahasiswa Bandung Polisikan Aksi Demo dalam Ruang Sidang

Dikutip dari laman Puslapdik Kemendikbudreistek, mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai penerima manfaat KIP Kuliah memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup yang langsung disalurkan ke rekening mahasiswa. 

Halaman Selanjutnya
img_title