Dimediasi China, Arab Saudi dan Iran Berpotensi Damai

Ilustrasi konflik Arab Saudi dengan Iran
Sumber :
  • iStock

VIVA Jabar – Sudah lama Arab Saudi dan Iran terlibat konflik. Masalah yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kawasan sekitarnya. Mengingat kedua negara itu sama-sama memiliki pengaruh bagi negara timur tengah lainnya.

Timnas Indonesia U-23 Menang Lawan UEA, Shin Tae-yong Bilang Begini

Salah satu penyebab konflik kedua negara itu semakin jelas karenanya adanya perbedaan yang sangat prinsip soal pemahaman keagamaan kedua negara. Hal itu, yang menjadi konflik negara kaya minyak itu semakin Komplek.

Konflik antara Arab Saudi dan Iran merupakan sebuah konflik yang sangat kompleks dan sangat berdampak terhadap kawasan Timur Tengah dikarenakan kedua negara itu secara simultan terus memberikan pengaruhnya ke negara-negara Timur-Tengah.

Tidak Disiarkan Secara Langsung, Ini Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-23 Melawan UEA

Kompleksitas konflik Arab Saudi dan Iran yang pertama bisa kita lihat dengan adanya perbedaan dalam sudut pandang agama membuat kompleksitas konflik yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran seperti tidak akan ada akhir. Arab Saudi adalah negara mayoritas Sunni, sementara Iran mayoritas Syiah.P erbedaan fundamental ini telah memunculkan persaingan dan ketegangan antara kedua negara serta pengaruhnya di kawasan Timur Tengah.

Selanjutnya, Kedua negara saling bersaing untuk memperluas pengaruh mereka di kawasan Timur Tengah dan dunia secara umum. Persaingan ini terutama terjadi dalam hal kebijakan luar negeri, seperti dukungan terhadap kelompok militan di Suriah dan dukungan terhadap pemberontakan di Yaman. Kemudian Kedua negara memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak dan gas. Persaingan antara kedua negara dalam memperebutkan pengaruh dan kendali atas sumber daya alam ini juga memperburuk konflik mereka.

Pemain Persija Bocorkan Gaya Melatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Ditengah-tengah kompleksitas konflik yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran, disisi lain China telah mengambil peran yang semakin signifikan dalam kawasan Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terutama terlihat dalam upaya China untuk memediasi konflik antara Arab Saudi dan Iran.

Beberapa langkah yang telah diambil oleh China untuk menginisiasi perdamaian tersebut seperti mengadakan pertemuan tingkat tinggi: Pada 2016, China mengadakan pertemuan tingkat tinggi antara pejabat Arab Saudi dan Iran, sebagai upaya untuk memfasilitasi dialog dan meredakan ketegangan antara kedua negara.

Halaman Selanjutnya
img_title