Ekspansi Artificial Intelligence Telkom Indonesia Direspon Praktisi Bisnis Digital

Ilustrasi Bisnis Digital
Sumber :
  • Pinterest

VIVAJabar - Langkah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku lokomotif digitalisasi di Indonesia dalam memperluas berbagai solusi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence), dinilai sangat relevan dengan kondisi saat ini dan bisa mendorong dampak positif yang signifikan bagi para pelaku usaha. 

4 Kebiasaan Ini Mampu Selamatkan Anda dari Ketergantungan Fitur AI

Demikian dikatakan Terry Djony, anggota Startup Bandung sekaligus founder sebuah layanan bisnis digital. "Kami setuju dengan komitmen Telkom memperluas penggunaan AI di Indonesia, terutama dalam jenis layanan ChatBot. Ini dapat memberikan dampak positif signifikan pada berbagai sektor usaha di Indonesia," ujar Terry dalam keterangannya, Selasa 16 Juli 2024.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi AI di bidang customer service akan semakin terintegrasi. Mulai dari awal chat pelanggan masuk hingga penilaian quality assessment dan evaluasinya. Arfan Wicaksono, Head of Knowledge & AI Enclave Kolaborasi Global, menambahkan, pihaknya memiliki variasi testimoni atas layanan eksisting AI yang dikembangkan oleh Telkom. 

Konser Lifetime Tribute to Chrisye Digelar Pekan Depan, Segera Beli Tiketnya di Link Ini

Contohnya pada produk Netmonk yang memiliki layanan MONA. Chatbot berteknologi AI ini merupakan sebuah inovasi tepat sasaran, terlebih dalam meningkatkan Quality of Experience (QoE) pengguna. Inovasi MONA diyakini dapat menunjang perkembangan kualitas jaringan di Indonesia secara melejit atas chat dari pengguna. 

 

Samsung Galaxy S25 dan iPhone 16 akan Ramaikan Persaingan Smartphone Bertenaga AI

Telkom Indonesia

Photo :
  • www.telkom.co.id

"Pemanfaatan AI pada monitoring jaringan masih bisa diaplikasikan lebih dalam lagi, di antaranya untuk melakukan estimasi dan prediksi sumber daya jaringan," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title