WHO Tegaskan Covid-19 Bukan Lagi Darurat Kesehatan Global

Ilustrasi Covid-19
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Pada Jum'at, 5 Mei 2023 kemarin, organisasi kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa Covid-19 bukan lagi sebagai darurat kesehatan global. Sebelumnya, badan kesehatan PBB tersebut menyatakan Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat sehingga menjadi perhatian secara global danencapai tingkat kewaspadaan tertinggi selama sekitar tiga tahun lebih.

Cristiano Ronaldo Menang Gugatan, Juventus Wajib Bayar Sisa Gaji Rp167 Miliar

Dilansir dari lama DW, dikatakan kendati sudah dinyatakan bukan darurat kesehatan global, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bukan berarti Covid-19 berakhir sebagai ancaman kesehatan.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

Photo :
  • viva.co.id
Klaim Jadi Pahlawan saat Covid-19, SYL: Saya Kendalikan Makanan Masyarakat

Tedros juga mengatakan bahwa pihaknya tidak akan ragu untuk menilai kembali Covid-19 jika ia kembali mengancam keadaan.

"Dengan harapan besar saya menyatakan COVID-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Dapatkan BLT Rp2,4 Juta Hari Ini dari Kemensos, Cara Daftar BNPT 2024 dan Cek Penerima di Sini!

Lebih lanjut, Tedros juga mengatakan bahwa dunia sudah mengetahui penurunan tren kasus Covid-19. Karena itu, menurutnya, semua negara sudah hidup kembali normal kayaknya situasi sebelum adanya Covid-19.

"COVID-19 telah mengubah dunia, dan itu telah mengubah kita. Dan memang seharusnya begitu. Jika kita kembali ke keadaan sebelum COVID-19, kita akan gagal untuk mempelajari pelajaran kita, dan mengecewakan generasi masa depan kita," kata Tedros.

Halaman Selanjutnya
img_title