Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Alami Peningkatan

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartanto
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2023 yang mencapai 5,03 persen merupakan prestasi yang membanggakan.

Stok CBP Aman, Bulog Optimis Tekan Inflasi di Subang

Bila dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya di dunia, pertumbuhan eskonomi RI kuartal I-2023 masih lebih besar dari China (4,5 persen), Amerika Serikat (1,8 persen), Uni Eropa (1,3 persen), Korsel (0,8 persen) dan Jerman (0,2 persen). 

Hal itu dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam 'Opening Ceremony of Festival Ekonomi Keungan Digital Indonesia (FEKDI) 2023', Senin (8/5/2023) kemarin.

Airlangga Hartanto Tak Mau Komentar Soal Munas Golkar, Ada Apa?

"Indonesia melakukan hal yang tidak biasa. Bukan karena ekonomi kita pertumbuhannya mencapai 5 persen dalam 6 kuartal berturut-turut menjadi business as usual," kata Airlangga.

"Tapi (ekonomi) kita berhasil tumbuh di tengah ketidakpastian global, dan kita lebih tinggi dari rata-rata negara lain," ujarnya.

Profil Rizal Ramli, Ekonom yang Pernah Tolak Jabatan PBB

Dalam acara opening ceremony tersebut, Airlangga menyampaikan terimakasih pada Gubernur BI, Perry Warjiyo dan jajarannya dalam menggerakkan penanganan inflasi yang terus menerus bergulir hingga mampu menurun dari sebelumnya 4,97 persen di bulan Maret 2023 menjadi 4,33 persen di bulan berikutnya.

"Jadi ini juga sebuah capaian luar biasa," kata Dia.

Halaman Selanjutnya
img_title