Daftarkan 580 Bacaleg, PDIP: Ada Akademisi, Pensiunan TNI-Polri hingga Artis

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

VIVA Jabar – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kritiyanto menyebutkan partainya memaksimalkan jumlah pendaftaran bakal calon anggota badan legislatif (caleg) 2024 yang telah diatur oleh KPU RI. Jumlah yang didaftarkan partai berlambang banteng moncong putih itu sebanyak 580 orang bakal caleg.

Lolos ke Senayan, Denny Cagur Janjikan Hal Ini untuk Rakyat

Hasto menjelaskan, dari 580 caleg yang didaftarkan kepada KPU, rata-rata merupakan petahana (incumbent) atau yang sudah menjadi wakil rakyat di DPR RI sekarang.

"580 calon anggota legislatif sebagian besar yang dicalonkan, tentu saja, juga berasal dari anggota legislatif incumbent, itu ada 128 [orang]," kata Hasto saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023.

Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres, KDM: Kemajuan Bangsa Diraih Dengan Kerja Keras dan Persatuan

Meski begitu, klaim Hasto, bakal caleg incumbent juga dievaluasi oleh pimpinan PDIP. Namun ada beberapa incumbent yang tidak didaftarkan karena adanya penugasan lain dari partai.

Bakal caleg perempuan, kata Hasto, sebanyak 180 orang atau 33 persen—melebihi ketentuan kuota minimal yang dipersyaratkan oleh Undang-Undang Pemilu. "Ini perjuangan di dalam meningkatkan kualitas anggota dewan," ujarnya.

Gerindra Rajai Pileg Jabar, Dedi Mulyadi: Haturnuhun, Semoga Tidak Ada Lagi Jalan Rusak

Hasto manambahkan, dalam pencalonan anggota badan legislatif itu, PDIP juga merekrut kalangan akademisi dan purnawirawan atau pensiunan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri.

"Kalangan-kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, TNI/Polri ada sekitar 17 orang, budayawan dan artis 14 orang. Jadi, telah berproses kaderisasi secara berjenjang, termasuk kepala-kepala daerah, itu juga dicalonkan sebagai bakal calon," katanya.