Siap-siap! Perumda Subang Kirim Tagihan Air Via WhatsApp dan Email Pada Pelanggan
- Tim VIVA Jabar
VIVAJabar – Berbagai kemudahan dan inovasi untuk pembayaran,pengecekan, hingga aduan, dalam pelayanan air bersih terus ditingkatkan oleh jajaran PT. Perumda Tirta Rangga Subang.
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Subang tersebut, terus berinovasi untuk memberikan pelayanan prima sesuai dengan mottonya, Trust, Openness, Partnership (TOP) terhadap 51 ribu pelanggannya.
"Kami ingin para pelanggan terus dimudahkan dengan berbagai pelayanan, setelah menggandeng berbagai platform untuk pembayaran tagihan air, dalam waktu dekat para pelanggan pun bisa mengetahui tagihan melalui WhatsApp dan Email," ujar Direktur Utama PT. Perumda Tirta Rangga Subang, Lukman Nurhakim S.I.Kom, M.I.Kom, saat ditemui Viva Jabar di kantornya, Senin 30 Desember 2024.
Tidak hanya itu, BUMD yang memiliki core bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) itu dalam waktu dekat akan berinovasi melalui SuperApps, yang nantinya pelanggan bisa mengecek dan membayar tagihan, mengecek kubikasi air yang terpakai.
Lukman menyampaikan, ditahun 2025, jajaran nya akan melakukan sensus pada pelanggan dengan mendata nomor ponsel dan email, hal itu bertujuan untuk memberikan informasi secara real time dan private berkaitan dengan tagihan air.
Perumda TRS yang mulai berbenah dan menerapkan digitalisasi terhadap pelayanannya tersebut, juga mengarah pada produksi dan distribusi air yang dikelolanya, mulai dari pendeteksi kebocoran pipa secara digital maupun pengolahan air yang transparan.
Dia menambahkan, BUMD yang mengelola air dengan skala besar sudah memiliki Supervisor Control and Data Acquistion (SCADA) sistem dimana semua proses produksi, distribusi dan pengolahan air bisa termonitoring , oleh karenanya Perumda TRS perlahan akan menerapkan sistem tersebut.
"Melalui digitalisasi, Perumda ingin menerapkan SCADA sistem ya, memang biaya untuk sistem tersebut mahal, namun perlahan kami pasti bisa merealisasikan nya," sebut mantan pimpinan perusahaan media lokal ini.
Lukman mengatakan di tahun 2025 akan ada penambahan pelanggan, dari jumlah saat ini sebanyak 51 ribu pelanggan, BUMD tersebut akan melayani 3 ribu pelanggan baru.
Ditunjang oleh SDM berkualitas hasil dari perekrutan yang berkompeten, Perumda TRS memiliki 270 an pegawai untuk melayani 53 ribu pelanggan di tahun 2025.
"Tidak ada perusahaan yang maju tanpa SDM yang qualified dan mumpuni di bidangnya, oleh karena itu perekrutan pun harus dilakukan secara kompeten dan profesional, " tambah dia.
Selanjutnya Lukman mengatakan, disamping menerapkan digitalisasi dalam pelayanannya terhadap para pelanggan, core bisnisnya AMDK terus berprogres.
Berlabel TRS Water , air minum dalam kemasan ukuran 330ml tersebut terjual 1000 dus kurun waktu satu bulan terakhir, dimana penjualan air mineral tersebut sangat masif.
"Alhamdulillah belum ada keluhan, baik rasa, kemasan dan lainnya, jika progres terus membaik maka direncanakan akan dibangun pabrik untuk air mineral buatan Perumda TRS ini," tutupnya.