Kronologi Mahasiswa ITB Meninggal Dunia saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Ilustrasi pesawat tanpa awak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Prof Dr Tatacipta Dirgantara memaparkan detik-detik kecelakaan saat uji coba penerbangan pesawat tanpa awak.

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Kecelakaan itu mengakibatkan seorang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB bernama Muhammad Rasyid Ghifari meninggal dunia. Rasyid terkena pasak dari alat pelontar pesawat.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa, 6 Juni 2023 kemarin. Diterangkan Tatacipta, pada saat itu Rasyid bersama rekan yang tergabung dalam UKM Aksantara ITB tengah menguji coba pesawat tanpa awak di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.

Mahasiswa Bandung Komitmen Jaga Kerukunan, Toleransi dan Nilai Luhur Kebangsaan

Rasyid bersama rekannya itu diketahui tengah bersiap untuk mengikuti perlombaan KRT (Kontes Robot Terbang) dengan membuat pesawat tanpa awak. Pesawat yang sudah dirakit pun selesai dan siap dilombakan.

Namun, saat akan melakukan uji coba, cuaca sedang hujang sehingga tanah di Lanud Sulaiman basah.

Isi Wasiat Habib Hasan Sebelum Meninggal Dunia

Karena kondisi yang basah itu membuat pasak dari alat pelontar pesawat tercabut dan mengenai tubuh Rasyid.

"Selasa sore itu hujan ya, kemudian sesudah reda mereka kemudian mencoba. Tapi karena hari Senin, Selasa hujan jadi tanah itu basah, jadi dia menancapkan pasak ke tanah. Jadi karena basah, nggak kuat," jelas Tatacipta kepada wartawan, Rabu, 7 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title