Penggemar K-Pop, Ingat Ini Pesan dari Megawati

Megawati Soekarno Putri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Gandrungnya anak muda Indonesia pada budaya asal negeri gingseng Korea Selatan atau yang kerap disebut K-Pop, Presiden kelima RI Megawati tegaskan tak boleh melupakan budaya Indonesia.

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

"Jadi anak-anak, itu tolonglah, kalian mau senang dengan K-Pop, dengan Rock, dengan Hiphop dan lain sebagainya, tidak apa-apa. Tapi, jangan, jangan sekali-sekali, tidak mencintai yang namanya seni kita, Indonesia Raya," kata Megawati, saat membuka Pesta Kesenian Bali ke-45 tahun 2023 di Denpasar, Bali, Minggu (18/6/2023).

Megawati mengungkapkan, jika 'gempuran' budaya K-Pop sangat masif masuk ke Indonesia. Kondisi tersebut menurut Ketua Umum Partai PDI-P tidak bisa dihindari. Oleh karenanya, generasi muda harus tetap memegang teguh kebudayaan leluhur Indonesia.

Tiket Konser Sheila On 7 di Bandung Ludes Terjual dalam 2 Jam!

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu turut pula mengajak para orangtua mendidik putra-putri mereka untuk mengenal dan mencintai budaya serta kesenian Indonesia sejak dini. Hal menanamkan cinta terhadap Tanah Air serta kebanggaan sebagai bangsa yang memiliki kepribadian dalam kebudayaan.

"Seni budaya Indonesia yang saya katakan sangat, bukan hanya kaya raya tapi luar biasa. Buatlah segera, sanggar seni budaya menjadi sebuah kesatuan gerak untuk Indonesia yang berkepribadian dalam budaya," ujarnya.

Jokowi Bakal Merapat ke Golkar? Begini Kata Airlangga Hartarto

Megawati juga menegaskan, apa yang menjadi keprihatinanaya tersebut bukan sikap anti terhadap modernisasi, hanya sebagai pengingat generasi muda akan budaya bangsa yang harus terus dijaga dan dicintai seiring banyaknya budaya dari luar yang masuk.

"Saya tidak anti, silakan, mengikuti peradaban modern. Tapi masa lalu bangsa kita ini gemilang lho sebenarnya," pesan Megawati.

Halaman Selanjutnya
img_title