Andini Aisyah Dirikan Setali Indonesia, Upaya Kurangi Limbah Pakaian

Dirikan usaha ini Andini upayakan kurang limbah pakaian
Sumber :
  • intipselep.com

VIVA Jabar Penyanyi Indonesia Andini Aisyah Haryadi, atau yang akrab disapa Andien mengatakan, limbah pakaian (fashion) merupakan penyumbang limbah terbesar kedua di dunia. Saat pertama kali mengetahui fakta tersebut, perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini mengaku kaget.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

“Ketika terpapar informasi bahwa limbah pakaian ini menduduki peringkat nomor dua di seluruh dunia untuk penyumbang limbah terbesar, saya cukup kaget karena, 'Wah, ini apa nih yang harus kita lakukan dan apa yang bisa kita lakukan?',” ungkap Andien saat mengisi acara di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Minggu, 18 Juni 2023.

Kepada awak media, Andien pun menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini. Untuk itu, Andien merasa harus melakukan sesuatu. Karena itu, ia bersama beberapa temannya mendirikan Setali Indonesia pada 2018.

Ide Bisnis Modal Kecil, Untung Besar: Mulai Sukses dari Investasi Minimal

Saat mendirikan Setali Indonesia, katanya, belum ada yayasan yang fokus untuk mengurangi sampah pakaian. Padahal, limbah pakaian menurutnya sulit untuk didaur ulang.

“Kalau kita ngomong zaman dulu banget, mungkin, masih pakai pewarna alami, serat yang mudah didaur ulang, sedangkan zaman sekarang banyak sekali unsur-unsur dari pakaian yang memang susah didaur ulang,” kata Andien.

Jasa Tirta II Dorong Masyarakat Lembang Manfaatkan Sampah dan Limbah Jadi Energi Pupuk

Andien mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mengajak masyarakat untuk mendonasikan pakaian yang masih layak pakai. Nantinya, pakaian tersebut akan dijual lagi untuk mengumpulkan dana.

Dari kegiatan tersebut, mereka mendapatkan lima ton pakaian yang telah mereka kumpulkan selama tiga bulan. Dari semua itu, ada sekitar 10 persen pakaian yang masih bisa digunakan.

Halaman Selanjutnya
img_title