Ridwan Kamil Sebut Ada Miliaran Rupiah dari Kemenag RI ke Ponpes Al-Zaytun

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Polemik ajaran yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu, hingga kini terus bergulir. Terlebih gelombang demonstrasi massa berduyun hingga dua kali dengan berbagai tuntutan kepada pimpinan Ponpes tersebut, yakni Panji Gumilang.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Buntut dari polemik yang belum teratasi itu, adalah tindakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menerjunkan tim investigasi khusus untuk menggali fakta ke Ponpes yang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu itu.

Dia mengatakan tim itu terdiri atas unsur pendidikannya, aparat penegak hukum, MUI, dan unsur birokrasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dia memastikan tim itu bekerja dengan berhati-hati, berkeadilan, dan terkonfirmasi.

Ridwan Kamil Mendominasi Survei Popularitas Jelang Pilgub Jabar 2024 versi Indodata

"Nanti kita lihat hasilnya. Kalau nanti hasilnya ternyata ada pelanggaran secara fiqih, syariat, dan lain sebagainya, juga berhubungan dengan potensi pelanggaran administrasi, norma hukum yang ada di Indonesia, dan tindakan tindakan lain bisa disimpulkan," kata Ridwan Kamil dikutip dari tvOneNews.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa kang Emil tersebut sempat melontarkan perihal sumber dana Ponpes kontroversial pimpinan Panji Gumilang tersebut.

Zara Unggah Foto Tanpa Hijab, Netizen Singgung Mendiang Eril

Dalam keterangannya, Ridwan Kamil mengatakan pesantren yang dinaungi Kemenag tentu mendapat suntikan dana, tak terkecuali Al Zaytun.

"Di mana dana dari Kementerian Agama kurang lebih setiap tahun ada sekian miliar juga ke Al Zaytun," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title