Ternyata Ini Alasan Panji Gumilang Ajari Santri Al Zaytun Nyanyikan Lagu Yahudi

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya meminta para santri menyanyikan lagu Hevenu Shalom Aleichem yang kental dengan salam orang-orang Yahudi.

Menelisik Ponpes Mama Pasirnaan, Pondok yang Berdiri Sejak Tahun 1800

Menurutnya alasan mengajak santri untuk bernyanyi Hevenu Shalom Aleichem lantaran salam berbahasa Ibrani itu bisa dibuat syair lagu. Sementara sebagai seorang Muslim, dia meyakini Assalamualaikum tidak boleh dilagukan.

“Adapun saya menyanyikan karena itu bisa dilagukan. Kalau Assalamualaikum kan gak boleh dilagukan, padahal Hevenu Shalom Aleichem itu sama dengan Assalamualaikum, (bedanya) kalau Assalamualaikum tidak boleh dinyanyikan, kalau ini boleh dinyanyikan karena saya punya nada-nadanya dan not-notnya,” ujar Panji Gumilang dalam program Kick Andy seperti dilihat Senin, 3 Juli 2023.

Ashanty Tutup Kolom Komentar Instagram Usai Disoraki saat Nyanyi di Laga Indonesia vs Filipina

Dalam kesempatan itu, di hadapan Andy F Noya, Panji Gumilang juga mencontohkan dengan bernyanyi Hevenu Shalom Aleichem hingga selesai. “kan asyik itu,” kata dia mengakhiri lagu tersebut.

Terkait kontroversi ini sejumlah tokoh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai bahwa Hevenu Shalom Aleichem merupakan lagu yang khusus dinyanyikan dalam ritual-ritual keagamaan orang Yahudi.

Tentang MP3Juice: Situs Pengunduhan Musik yang Populer di Jaman Sekarang

Menanggapi hal itu, Panji Gumilang mengatakan bahwa tidak semua lagu berbahasa Ibrani harus selalu dikaitkan dengan prosesi keagamaan. Dia lantas memberi contoh.

“Coba tengok ke Tel Aviv, tatkala turun dari pesawat, anak-anak muda laki, perempuan menyanyikan itu, itu penyambutan, itu hal yang sama seperti salam kita ini, sama dengan taktkala kita mengadakan khutbah pakai Assalamualaikum,” beber Panji.

Halaman Selanjutnya
img_title