BPJS Ketenagakerjaan Launching Program KKBC Masuk Desa di Tanjungsari Sumedang

Launching program KKBC
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengenalkan sebuah gerakan sosialisasi masif di seluruh desa yang tersebar di penjuru tanah air lewat launching kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC), Kamis (6/7/2023).

Cara Unik Buruh di Karawang Peringati May Day 2024

Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, peluncuran kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) Masuk Desa dilaksanakan di Balai Desa Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dengan menyasar pekerja sektor informal.

Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat BPJS Ketenagakerjaan, Romie Erfianto mengungkapkan, alasan kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di mulai dari desa karena ingin menyisir seluruh masyarakat Indonesia, terlebih yang ada di desa bisa terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Klaim Sekarang! Insentif Saldo DANA Gratis Rp700.000 dari Prakerja untuk Peserta Lolos Pelatihan

"Kampanye KKCB merupakan program BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk memastikan rasa aman bagi pekerja tidak hanya di kota saja, tapi juga masyarakat di desa," jelas Romie.

Romie menyebut, program KKBC ini merupakan komitmen pemerintah yang sejatinya secara konstitusi negara hadir memberikan sistem jaminan sosial bagi masyarakat pekerja disemua sektor, termasuk masyarakat di desa-desa bisa terdaftar menjadi peserta.

Jadi Drakor Rating Tertinggi, Ini 5 Fakta Menarik Queen of Tears

"Harapan kami ialah masyarakat di desa bisa bekerja dengan keras tanpa merasa cemas. Karena ketika terjadi risiko, mereka sudah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Romie mengungkapkan, sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, BPJS Ketenagakerjaan memiliki program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan juga yang terbaru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Halaman Selanjutnya
img_title