Benarkah Panji Gumilang Pernah Menempuh Pendidikan di Pesantren Gontor? Cek Faktanya!

Panji Gumilang datangi undangan Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar Pondok Pesantren Gontor secara tegas membantah bahwa Panji Gumilang pernah menyelesaikan pendidikan di sana. Pernyataan ini muncul setelah beredarnya kabar bahwa Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun dianggap sebagai alumni tahun 1966.

School Creative Hub 2024, Kadisdik Jabar: Hal yang Mustahil Akan Jadi Kenyataan di Esok Hari

Bambang Setyo Utomo, seorang dosen dari Universitas Islam Darussalam Gontor, mengatakan bahwa Panji Gumilang pernah belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), tetapi ia tidak menyelesaikan pendidikannya, dengan kata lain, ia tidak lulus.

“Beliau (Panji Gumilang) pernah belajar di Gontor, tapi tidak lulus Gontor,” ujar Bambang kepada wartawan di Jawa Timur, Jumat, 7 Juli 2023. 

PPDB Jabar 2024 Resmi Dibuka, Pj Gubernur: Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Ketika diminta untuk memberikan penilaiannya tentang kontroversi Panji Gumilang, Bambang menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut. Namun, ia mengungkapkan bahwa nama Panji Gumilang masih menjadi topik diskusi di antara para Kiai PMDG pada setiap pertemuan.

“Kemarin waktu perkumpulan dengan guru-guru sudah disinggung terkait ini. Masih dipertimbangkan untuk klarifikasinya," kata Bambang.

Kadisdik Jabar Resmikan Dome Lapangan Serbaguna SMKN 1 Garut

Bambang masih menunggu hasil pembahasan yang dilakukan para Kiai PMDG terkait pernyataan kontroversi yang diucapkan Panji Gumilang.

"Sampai hari ini kita tidak menanggapi pernyataan beliau," kata Bambang. 

Halaman Selanjutnya
img_title