Awas! Kenali 9 Tanda Kekerasan Ini Dari Pasanganmu, Banyak Yang Tak Sadar Ternyata Sudah Jadi Korban

Ilustrasi pelecehan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar - Berdasarkan data Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan 2023, kekerasan dalam hubungan dengan pasangan mendominasi pengaduan ke Komnas Perempuan di kategori ranah personal.

Cara Melacak Lokasi Pasangan di WhatsApp Tanpa Ketahun, Cukup Lakukan Ini!

Sebanyak 713 kasus kekerasan dilakukan oleh mantan pacar, 622 kasus kekerasan terhadap istri dan 422 kasus kekerasan dalam pacaran Salah satu faktor mengapa fenomena ini terus terjadi karena adanya mispersepsi dalam masyarakat tentang hubungan dengan pasangan yang sehat dan seringkali kekerasan ini dinormalisasi sebagai bentuk ekspresi cinta.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 3 perempuan mengalami kekerasan dalam hubungan dengan pasangan selama hidupnya. Kekerasan dalam hubungan dengan pasangan merupakan salah satu masalah sosial utama yang dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti kekerasan fisik, seksual, emosional, finansial, hingga pengendalian perilaku oleh pasangan.

Ramalan Zodiak Cinta 3 Maret 2024, Gemini, Leo dan Sagitarius Siap-siap Jatuh Cinta

"Hal tersebut dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki, dengan prevalensi terbesar terjadi pada generasi muda berusia 16 hingga 24 tahun," jelas Executive Director Yayasan Pulih, Yosephine Dian Indraswari, saat peluncuran program 'Abuse Not Love' dari Yves Saint Laurent (YSL) Beauty Indonesia, di kawasan SCBD, Jakarta, belum lama ini.

Berikut 9 tanda kekerasan dalam hubungan dengan pasangan, yang seringkali tidak disadari.

Polisi Sebut Gus Samsudin Otak Pembuatan Konten Aliran Sesat Boleh Tukar Pasangan

1. (Ignoring) Mengabaikan, keberadaan pasangannya saat sedang marah.

2. (Blackmailing) Mengancam, jika pasangan menolak melakukan sesuatu.

Halaman Selanjutnya
img_title